Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Target Rp 80 Miliar, Progres PAD Kutim 2016 Semester Pertama Capai 53,53 Persen

Target Rp 80 Miliar, Progres PAD Kutim 2016 Semester Pertama Capai 53,53 Persen

(411 Views) Juni 8, 2016 2:49 pm | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kutai Timur terus mengupayakan agar Penerimaan Asli Daerah (PAD) tahun ini benar-benar bisa terealisasi sesuai apa yang ditargetkan yakni Rp 80 miliar.

Menurut Sekretaris Dispenda Kutim, M Zaini, hingga semester pertama tahun ini jumlah realisasi PAD Kutim melalui Retribusi dan Pajak Daerah, sudah mencapai 53,53 persen atau Rp 42.825 miliar. Sehingga pihaknya optimis hingga akhir tahun nanti, sisa penerimaan PAD Kutim sebesar Rp 37,175 miliar dapat tercapai.

Didampingi Kabid Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRB), Musyaffa, dikatakan memang pada tahun 2015 lalu Kutim sempat mengalami defisit anggaran akibat keterlambatan transfer dana perimbangan pusat. Namun pada awal tahun ini, seluruh dana tersebut telah ditranfer penuh ke Kas Daerah (Kasda) pemkab Kutim sehingga permasalahan defisit dapat teratasi. Bahkan jika dibandingkan dengan daerah lainnya seperti Samarinda dan Kutai Kartanegara, permasalahan defisit tersebut tidak terlalu memberikan imbas yang berarti bagi Kutai Timur. Seperti pemotongan insentif PNS dan lainnya.

Terkait dengan pendapatan daerah melalui dana perimbangan, seperti bagi hasil dana alokasi umum (DAU) dan dana alokasi khusus (DAK), serta sumber-sumber pendapatan daerah lainya yang sah, dari target Rp 3,589 Triliun dalam semester pertama tahun ini sudah mencapai 32,78 persen atau Rp 1,176 Triliun.

Khusus untuk mencapai target PAD melalui PDRB, Zaini berharap adanya kerjasama dan upaya maksimal dari instansi teknis terkait yang melakukan pungutan. Seperti Dinas Pekerjaan Umum (DPU) yang mengurusi terkait retribusi izin mendirikan bangunan (IMB) dan Retribusi Sampah, yang sebenarnya memiliki potensi besar namun dalam realisasi targetnya dinilai cukup kecil.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments