Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Targetkan Pemasukan Rp 80 Miliar Tahun ini, Pemkab Kutim Kejar Potensi Pajak Galian C

Targetkan Pemasukan Rp 80 Miliar Tahun ini, Pemkab Kutim Kejar Potensi Pajak Galian C

(443 Views) April 10, 2016 11:35 am | Published by | No comment

Sangatta. Dengan menargetkan pendapatan daerah 80 miliar pada tahun ini, Pemkab Kutim dibuat berfikir bagaimana menggali potensi-potensi pemasukan yang mampu mendongkrak pemasukan daerah.

Kepala Dinas Pendapatan daerah Kutai Timur Yulianti didampingi Kabid Pajak Daerah dan Retribusi Daerah Musyaffa, mengatakan bahwa jika mengandalkan pajak hotel dan Restauran yang ada di Kutim saat ini memang tidak bisa terlalu diandalkan dan sudah maksimal. Karena Hotel berbintang di Kutim hanya ada 2 buah. Sementara restauran yang refresentatif hanya sedikit jumlahnya.

Lanjutnya, saat ini yang mampu mendorong adalah pajak Minerba (Mineral Bukan Logam dan batuan) atau yang lebih dikenal dengan istilah Galian C, seperti tanah uruk dan batu gunung. Namun itu perlu sinergi dari SKPD Teknis seperti Dinas PU, Distamben dan Dispenda. Saat ini pemasukan dari pajak Galian C ini memang sudah cukup bagus di atas angka Rp 1 miliar. Namun dengan adanya sinergi ini maka diyakini Pajak Galian C ini mampu mendatangkan pemasukan yang lebih besar lagi untuk daerah.

(Voice : Dispenda Musyaffa)

Lebih jauh dikatakan Musyaffa, saat ini pemkab Kutim memang lebih mengandalkan pemasukan dari sektor lain seperti pendapatan bagi hasil mineral dari pusat,  selain terus menggali retribusi dan pajak daerah yang memang saat ini menjadi jatah pengelolaan pajak daerah dan menjadi domain Pemkab Kutim. Dengan adanya kesadaran untuk memaksimalkan rertibusi dari instansi teknis yang memang memungut retribusi, seperti retribusi Penerangan Jalan oleh Dinas Perhubungan, retribusi sampah oleh UPT Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman, dan retribusi lainnya, maka diyakini, selain banyaknya potensi pemasukan bagi Kutim juga akan berbanding lurus dengan pemasukan yang akan didapatkan Kutai Timur. Sehingga tidak perlu lagi berharap besar dari sektor pajak dan target pemasukan Rp 80 miliar tahun ini dapat tercapai.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments