Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tekan Angka Produksi Sampah/ UPTD Kebersihan Sangatta Bagi-bagi Tas Belanja Daur Ulang

Tekan Angka Produksi Sampah/ UPTD Kebersihan Sangatta Bagi-bagi Tas Belanja Daur Ulang

(801 Views) Maret 20, 2016 11:18 am | Published by | No comment

Sangatta. Sebagai upaya mendukung program go green dan menekan angka produksi sampah rumah tangga khususnya tantung plastik atau kresek, pagi ini, UPTD Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman Sangatta, menggelar aksi bagi-bagi tas belanja daur ulang. Bertempat di Pasar Induk Sangatta Utara, UPTD KPP Sangatta membagikan 500 buah tas belanja daur ulang secara gratis kepada pengunjung pasar induk sangatta yang sedang berbelanja. Kepala UPTD KPP Sangatta Basuki Isnawan, mengatakan bahwa produksi sampah rumah tangga di Kota Sangatta per harinya sudah mencapai 650 meter kubik dan sebagian besar adalah tas plastik atau kresek hasil aktivitas belanja.

Dengan menggunakan tas belanja daur ulang ini maka perharinya produksi sampah kota Sangatta bisa berkurang 148 meter kubik. Para pengunjung pasar induk yang berbelanja atau sedang menenteng tas kresek, langsung diambil dan diganti dengan menggunakan tas belanja daur ulang. Dengan pembagian tas belanja hasil daur ulang ini diharapkan ke depannya masyarakat jika mau berbelanja di pasar atau swalayan, bisa membawa sendiri tas daur ulang ini dari rumah untuk menaruh belanjaannya. Sehingga tidak memerlukan tas kresek lagi. Selain itu, dirinya pun mengimbau kepada masyarakat jika masyarakat ingin membeli makanan basah seperti sup atau bakso yang biasanya dibungkus dengan plastik kresek, hendaknya mulai kini membawa rantang sendiri dari rumah.

Dirinya berharap hal ini menjadi kebiasaan dan pola hidup masyarakat dan juga sebagai upaya mendukung program pemerintah pusat dalam upaya menjaga keletarian alam dengan mengurangi penggunaan tas plastik atau kresek. Karena masyarakat juga harus mengetahui jika bumi memerlukan lebih dari 1000 tahun untuk melapukkan sampah plastik ini.

(Voice : UPTD KPP Basuki – Bagi-bagi Tas Belanja Daur Ulang)

Lebih jauh Basuki mengatakan dengan adanya upaya pengurangan tas kresek ini, tidak akan mematikan usaha pedagang kecil yang kesehariannya menjual tas kresek. Karena tas daur ulang juga bisa dijual kembali oleh pedagang kresek ini dengan harga yang terjangkau. Kegiatan ini pun akan terus disosialisasikan ke semua kecamatan di Kutim agar mampu menekan penggunaan tas kresek dan khususnya mengurangi sampah plastik.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments