Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Terkait Covid-19: BAMAG Kutim Himbau Warga Gereja Tidak Panik, Tetap Waspada Dan Patuhi Kebijakan Pemerintah

Terkait Covid-19: BAMAG Kutim Himbau Warga Gereja Tidak Panik, Tetap Waspada Dan Patuhi Kebijakan Pemerintah

(75 Views) Maret 22, 2020 3:06 pm | Published by | No comment

SANGATTA – Menyikapi Surat Keputusan  Gubernur kaltim dan Bupati Kutai Timur serta ARAS Gereja nasional terhadap kasus pandemic covid-19 corona, Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Kutim menghimbau warga gereja di Kutim tidak panik dan lebih meningkatkan kewaspadaan dengan terus menjaga kebersihan sesuai dengan protokoler standar kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

Untuk internal gereja yang ada, dihimbau sementara waktu menghentikan kegiatan ditengah minggu seperti ibadah di rumah- rumah untuk menghindari kerumunan massa. Sementara untuk ibadah raya minggu di gereja dikembalikan pada pimpian gereja setempat, jika tetap dilaksanakan harus memperhatikan SOP pemerintah. Mulai dari kebersihan gereja, menyediakan handsanitizer hingga penyemprotan antiseptik.

Dihimbau pula agar menerapkan social distancing antar jemaat dijaga, tidak perlu bersalaman cukup dengan cara yang ramah. Jikapun ada gereja yang menutup ibadah raya minggu di gereja harus dihargai, karena ini merupakan suatu kepatuhan terhadap himbauan pemerintah dan bukan sebuah ketakutan.

Namun menurutnya, untuk di Kutim sampai saat ini belum menganjurkan untuk tidak beribadah. Hal ini sesuai dengan arahan PGI sebagai ARAS gereja dan beberapa gereja besar bahwa saat ini lebih memprioritaskan daerah zona merah yang sudah dianjurkan tidak beribadah minggu di gereja tetapi bisa melalui ibadah live streaming atau media sosial.

Ketua BAMAG Kutim Pendeta Iban Demostes Apuy, MA diwakili Sekretaris BAMAG, Pdt. Bastian Remimy Sigarlaki, M. Th Di Kantor Kementerian Agama Kutai Timur, ( 21/320)

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of