Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Terkait Isu Pencabutan 3 Layanan Kesehatan, Nurlia : Persalinan Tetap Dijamin BPJS

Terkait Isu Pencabutan 3 Layanan Kesehatan, Nurlia : Persalinan Tetap Dijamin BPJS

(393 Views) Agustus 16, 2018 3:07 pm | Published by | No comment

Sangatta – Kepala Kantor BPJS Kesehatan Kutai Timur, Nurlia Afyanti menegaskan, persalinan bayi baru lahir, katarak dan pelayanan rehabulitasi medik fisioterapi tetap dijamin oleh BPJS.

Menanggapi ramainya isu yang beradar di masyarakat mengenai dicabutnya tiga layanan kesehatan oleh BPJS, usai diterbitkannya Peraturan Direktur (Perdir) Jaminan Pelayanan pada 25 Juli lalu, mengenai Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 2 Tahun 2018, Tentang Penjaminan Pelayanan Katarak Dalam Jaminan Kesehatan, Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 3 Tahun 2018, Tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan Bayi Lahir Sehat dan Peraturan Direktur Jaminan Pelayanan Kesehatan Nomor 5 Tahun 2018 Tentang Penjaminan Rehabilitasi Medik, Nurlia menjelaskan tidak ada penghentian penjaminan pelayanan tiga hal tersebut, namun pengoptimalan mutu pelayanan dan efektivitas penjamin kesehatan yang dimaksud.

Tiga layanan yang dimaksud tersebut, lebih kepada penerapan layanan sesuai dengan indikasi medis, untuk meningkatkan mutu layanan peserta.

Menurut Nurlia untuk ranah medis BPJS tidak bisa mencampurinya, artinya sesuai dengan indikasi medis dan kebutuhan dari peserta BPJS, seperti di Kutai Timur, untuk pelayanan katarak, tindakan operasi katarak masih belum dapat dilaksanakan di Kutai Timur, namun bukan berarti tidak dilayani untuk pemeriksaan paska operasi. Meskipun diirujuk ke luar daerah, pembiayaan tetap dijamin oleh BPJS.

Sama dengan pelayanan persalinan, persalinan tetap dijamin walapupun fasilitas kesehatan tingkat pertama maupun rujukan, beberapakali melahirkanpun biaya persalinan peserta JKN tetap dijamin, meskipun kepesertaan pekerja menerima upah seperti PNS, yang menanggung kepesertaan anak sampai dengan tiga orang, biaya persalinannya tetap dijaminkan.

Dengan keluarnya Perdir tersebut, pada akhirnya rumah sakit membenahi dan mempersiapkan tenaga medisnya, untuk memudahkan pemberian layanan kepada masyarakat.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Terkait Isu Pencabutan 3 Layanan Kesehatan, Nurlia : Persalinan Tetap Dijamin BPJS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.