Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Terkendala Rasionalisasi, Program Cetak Sawah Tahun ini Terpangkas 50 Persen

Terkendala Rasionalisasi, Program Cetak Sawah Tahun ini Terpangkas 50 Persen

(392 Views) Agustus 2, 2016 10:17 am | Published by | No comment

Sangatta. Terkendala rasionalisasi anggaran baik di tingkat pusat hingga daerah, program percetakan sawah di Kutai Timur yang pada awalnya ditargetkan seluas 1.500 hektar, kini terpangkas hampir separunya. Untuk tahun ini, program cetak sawah hanya bisa terealisasi seluas 727 hektar. Plt Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kutai Timur, Marjoni mengatakan imbas dari buruknya perekonomian indonesia yang menyebabkan terjadinya efisiensi dan rasionalisasi anggaran, mulai tingkat pusat hingga daerah, menyebabkan tahun ini program percetakan sawah yang diprakarsai TNI-AD dan Kementrian Pertanian, hanya mampu direlisasikan seluas 727 hektar atau separuh dari target awal yakni 1.500 hektar.

Disebutkan, dari beberapa lokasi percetakan sawah yang tersebar di beberapa kecamatan di Kutai Timur, program cetak sawah ini hanya dapat dilakukan di beberapa lokasi, diantaranya di Desa Danau Redan Kecamatan Teluk Pandan sebanyak 80 hektar, kemudian Kecamatan Kongbeng sekitar 100 hektar dan beberapa kecamatan lainnya. Sementara, sisa target yang tidak bisa terealisasi tersebut akan diprogramkan kembali pada tahun depan. Hal ini sesuai target Dinas Pertanian Kutim untuk menyokong program swasembada pangan terutama beras, bahwa setiap tahunnya di Kutai Timur ada pencetakan atau pembukaan sawah baru sebanyak 1.000 hektar.

 (Voice : Plt Pertanian Marjoni – Cetak Sawah Terpangkas 50 persen)

Lebih jauh Marjoni mengatakan, program cetak sawah ini sepenuhnya dibiayai dari APBN. Sementara anggaran untuk 1 hektar cetak sawah mencapai Rp 16 juta.  Dari hasil program percetakan sawah ini, pihaknya akan melakukan evaluasi, baik dari segi anggaran maupun hasilnya percetakannya, mana yang lebih baik apakah melalui program cetak sawah Kementrian Pertanian dan TNI-AD ataukah dari hasil swakelola masyarakat sendiri.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments