Menu Click to open Menus
Home » Hukum » Terlibat Kasus Korupsi, 8 PNS Kutim Dipecat Tahun Ini

Terlibat Kasus Korupsi, 8 PNS Kutim Dipecat Tahun Ini

(803 Views) April 2, 2018 10:00 pm | Published by | No comment
Kepala BKPP Kutim, Zainuddin Aspan (Foto:khusnulkhotimah)

Sangatta – Terlibat dalam kasus korupsi, delapan PNS Kutai Timur sudah ditetapkan akan dipecat pada tahun ini. Kedelapan PNS tersebut narapidana kasus korupsi bantuan sosial (Bansos) yang sudah menjalani hukuman yang dikenakan oleh Masjelis Hakim PN Tipikor di Samarinda.

Ditemui usai Coffee Morning, Senin, 2 April, Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Zainuddin Aspan menjelaskan, bagi PNS yang terlibat tindakan korupsi dan telah diputuskan di pengadilan tipikor dan bersifat inkrak maka diberhentikan secara tidak hormat.

Zainuddin menambahkan, untuk delapan PNS yang terlibat kasus korupsi tersebut sudah ditetapkan akan dipecat pada tahun ini, sudah inkrah, setelah rapat dengan Badan Kepegewaian Negara (BKN) kemarin, mereka sudah tidak ada kompromi lagi, kedelapan nama tersebut sudah dilaporkan dan masuk dalam SKPD terkait, Taspen  dan Keuangan, di pusat sudah tinggal tunggu surat dari Bupati, maka akan selesai keseluruhan.

Selain delapan orang  yang sudah ditetapkan akan dipecat, masih ada empat orang lagi yang menjalani proses hukum namun masih mengajukan banding.

Sesuai aturan pada UU ASN nomor 5 tahun 2014 pasal 87 ayat 4d yang isinya,  PNS yang melakukan tindak pidana, diberhentikan tidak dengan hormat, karena dihukum penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memiliki kekuatan hukum tetap. Selain itu juga PP 11 tahun 2017,  tentang manajemen pegawai negeri sipil (PNS), pasal 286 dan 287.  Dalam pasal tersebut, meski hukuman satu hari pun, tapi oleh pengadilan dinyatakan bersalah dan memenuhi unsur pidana, harus diberhentikan.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: , ,

No comment for Terlibat Kasus Korupsi, 8 PNS Kutim Dipecat Tahun Ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.