Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tiap Desa Di Kutai Timur Dapat Kucuran Dana dari APBN sebesar 280 Juta/Tahun

Tiap Desa Di Kutai Timur Dapat Kucuran Dana dari APBN sebesar 280 Juta/Tahun

(611 Views) Agustus 27, 2015 10:07 am | Published by | 3 Comments

Sangatta – Sosialisasi kebijakan dana Desa, dilaksanakan oleh Komisi XI DPR RI kerjasama dengan Direktorat Jenderal Perimbangan dan Keuangan Republik Indonesia, serta Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan desa (Bapemas-Pemdes) Kabupaten Kutai Timur sebagai fasilitator sosialisasi tersebut  yang bertempat diruang Meranti Kantor Bupati Kutai Timur, Kawasan Perkantoran Bukit Pelang pagi tadi (27/8).

Kegiatan tersebut dihadiri Asisten I Asyafruddin yang sekaligus membuka Sosilisasi Kebijakan Dana Desa tersebut, Anggota komisi DPR RI XI, Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan RI, Kemendagri, Kemendesa dan PDT, Kepala SKPD, Kecamatan, Desa serta undangan lainnya.

Dijelaskan Arigemini dari Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan Kementrian Keuangan RI bahwa Sosilisasi Kebijakan Dana Desa ini dilatar belakangi oleh kebijakan Pemerintah Pusat, Pemerintahan Joko Widodo yang ingin menyampaikan bahwa pembangunan dimulai dari Desa yang juga merupakan sasaran dari nawacita Presiden Joko widodo yang mana salah satunya tertuang dalam nomor 3, yang adalah Pemerintah membangun dari pinggir yakni Desa.

Berdasarkan UU nomor 6 tahun 2014 dana Desa yang diamanatkan adalah 10 % diluar dari transfer ke daerah. Artinya Pemerintah berkomitmen untuk memberikan dana Desa dari APBN sebesar 10 %. Dengan nilai transfer ke daerah 600 Triliun, dan seharus sudah ada 60 Triliun dalam APBN-P 2015. Namun setelah diamanatkan dalam Undang-Undang, Hal itu dilakukan secara bertahap dan berdasarkan keuangan Negara. Dan setelah dilihat keuangan Negara ditahun ini belum dapat terpenuhi. Untuk tahun 2015 sendiri yang sudah terpenuhi yakni 3,23 % dari transfer ke Daerah, dan saat ini dana yang sudah dialokasikan untuk Desa diseluruh Indonesia mencapai Rp.20.766.200.000.000’- hal ini sesuai dengan Permendagri nomor 39 tahun 2014 jumlah Desa di Indonesia sudah mencapai 74.039 Desa. Dana Desa sampai saat ini sudah berada ditahap II dan Kutai Timur merupakan daerah yang masuk dalam tahap II tersebut.

Lebih lanjut Arigemini menuturkan Kutai Timur secara informasi dari rekening kas umum Negara ke kas umum daerah sudah mencapai 80 %, Kutai Timur mendapatkan alokasi dana sebesar 40,28 Milyar untuk 134 Desa yang ada di Kabupaten Kutai Timur jadi rata-rata Desa di Kutai Timur mendapat alokasi dana sebesar Rp.280.000.000 per tahun per Desa. Dan ditahun 2016 akan meningkat dua kali lipat sesuai dengan Road Map yang ada dalam PP nomor 2 tahunn2015 mencapai 6 %.

Voice

Terakhir Arigemini berharap kepada para Kepala Desa yang mengikuti peraturan tersebut untuk lebih peduli terhadap aturan-aturan, dan melaksankan pembangunan sesuai dengan apa yang diatur dalam peraturan-peraturan yang ada supaya tidak terjebak dalam usaha-usaha memperkaya diri sendiri. Karena untuk pemeriksaan bukan dari Inspektorat Daerah lagi melain dari BPK, KPK, Tipikor dan kejaksaan Negeri karena sudah menggunakan Dana Desa yang bersumber dari APBN.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

3 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments