Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Tidak Ada Toleransi, Penerimaan Siswa Tahun Depan Harus Sesuai Zona

Tidak Ada Toleransi, Penerimaan Siswa Tahun Depan Harus Sesuai Zona

(233 Views) Oktober 23, 2018 4:53 pm | Published by | No comment

Sangatta – Membuka pelaksanaan Expo Belajar Usaha Mandiri (KBUM), di SMP Negeri I Sangatta Utara, Selasa, 23 Oktober, Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kutai Timur, Roma Malau menyampaikan kepada orang tua murid, dan undangan yang datang pada kegiatan tersebut, bahwa tahun depan penerimaan siswa baru, harus sesuai zona dan tidak bisa toleransi lagi.

Sistem tersebut menurut Roma merupakan aturan langsung dari Kementrian Pendidikan. Jika masih ada orang tua yang memaksa anaknya untuk dapat diterima di sekolah yang bukan di zonanya, akan menimbulkan kerugian pada calon siswa sendiri, karena akan tereleminasi dari sistem Data Pokok Pendidikan (Dapodik).

Roma meminta, para guru untuk menyampaikan informasi penerimaan sesuai zona tersebut, untuk disampaikan secara terus menerus kepada orang tua siswa. Nantinya sosialiasi akan dilaksanakan dengan penyampaian langsung, maupun pembagian brosur pemberitahuan kepada masyrakat.
Penerimaan siswa baru sesuai zona, sebenarnya sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, namun sampai dengan saat ini masih ada saja, orang tua calon siswa yang memaksa sekolah, untuk menerima anaknya meski tidak masuk dalam zona sekolah. Aturan penerimaan siswa baru sesuai zona dimaksudkan untuk mencegah penumpukan pendaftar, di sekolah yang dianggap favorit.

Biasanya, menurut Roma, ada salah satu sekolah yang dianggap unggul oleh para orang tua, sehingga anak mereka di daftarkan untuk ke sekolah tersebut, meski alamat tinggal tidak masuk dalam zona.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email

No comment for Tidak Ada Toleransi, Penerimaan Siswa Tahun Depan Harus Sesuai Zona

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.