Menu Click to open Menus
Home » Hukum » Tidak berijin, Depot Air Minum Bisa Di Denda 50 Juta

Tidak berijin, Depot Air Minum Bisa Di Denda 50 Juta

(273 Views) April 3, 2018 7:11 pm | Published by | No comment

Sangatta – Meski belum diterapkan, namun ancaman hukum yang tercantum dalam Peraturan Daerah (Perda) No. 10 Tahun 2017, Tentang Penyelenggara Usaha Depot Air Minum tidak tanggung-tanggung. Pada pasal 20 ayat 1, disebutkan setiap orang yang melanggar ketentuan sebagaimana dimaksud pada pasal 7 ayat 1, yakni tidak meiliki ijin, dapat diancam dengan pidana kurungan paling lama enam bulan dan denda paling banyak lima puluh juta rupiah.

Perda yang dibuat demi melindungi kesehatan konsumen tersebut, mengharuskan seluruh depot air minum memiliki ijin, karena melalui ijin tersebut, depot mendapat pengawasan dari Dinas Kesehatan mengenai kehegienisan sanitasi dan air yang dipasarkan.

Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Timur, Irawansyah, sosialisasi akan dilaksanakan selama satu tahun terlebih dahulu, setelah itu diberikan tenggang waktu selama tiga bulan, untuk para pemilik depot air minum mengurus perijinan, jika tetap tidak mengurus, maka dapat diberikan sanksi penutupan hingga tindakan hukum lain.

Lebih lanjut Irawasnyah menambahkan pengurusan keseluruhan depot air minum tersebut harus digenjot dalam waktu dekat ini.

Merupakan kebutuhan vital yang harus ada disetiap hari, air minum mendapat pengawasan ketat dari Pemerintah, bagaimana tidak dari jumlah yang ada yakni empat ratus enam  puluh lima depot, yang terdata di delapan belas kecamatan, tidak sampai tiga persen diantaranya yang sudah berijin, padahal keseluruhan depot air minum tersebut sudah melayani masyarakat.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: , ,

No comment for Tidak berijin, Depot Air Minum Bisa Di Denda 50 Juta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.