Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » TIDAK MENUNGGU STATUS DARURAT, TEMUKAN TITIK API LANGSUNG PADAMKAN

TIDAK MENUNGGU STATUS DARURAT, TEMUKAN TITIK API LANGSUNG PADAMKAN

(453 Views) Agustus 28, 2016 8:36 am | Published by | No comment

Sangatta – Jika ditemukan titik api meskipun kecil akan langsung dilakukan pemadaman, tidak menunggu api membesar dan meluas  maupun menunggu status darurat diberlakukan, hal tersebut dilakukan untuk pencegahan kebarakan hutan, karena Kabupaten Kutai Timur idektik dengan lahan gambut dan batu bara sehingga membakar hutan dengan maksud membuka lahan dapat berakibat pada kebakaran hutan yang susah untuk dipadamkan, demikian yang disampaikan Komandan Komando Distrik Militer (Dandim) 0909 Sangatta, Kolonel Inf Setyo Wibowo, dalam silaturrahmi dengan rekan media.

Selain itu merutut Wibowo, monitoring terhadap titik api terus dilakukan melalui satelit, sehingga setiap pemunculan titik api langsung dilakukan pandataan di lokasi mengenai luas dan besarnyadan selanjutnya dilakukan pemadaman.

Lahan gambut adalah lahan yang mudah terbakar pada kondisi kering dan menimbulkan asap tebal dan hitam. Jika sudah telanjur terbakar, api di lahan gambut akan sulit dipadamkan karena lahan gambut biasanya memiliki ketebalan dan sangat kering sampai kedalaman tertentu, demikian dengan batu bara yang memiliki sifat mudah terbakar.

Pencegahan pembakaran hutan untuk membuka lahan terus dilakukan baik dengan sosialiasi ke masyarakat maupun ke perusahaan. Pencegahan lahan dan pemadaman kebarakan hutan merupakan tanggung jawab bersama baik Badan Penanggunglangan Bencana Daerah, TNI POLRI dan masyarakat.

Pada tahun 2015 lalu, kabupaten kutai timur termasuk salah satu daerah yang dinyatakan darurat asap karena kebakaran hutan. Selain berdampak pada kesehatan kebakaran hutan pada tahun lalu juga berakibat pada kerugian para petani yang tanamannya ikut terbakar dalam kebakaran hutan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments