Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Tidak Siap Ikuti Aturan Baru, Kutim Berlakukan Rumah Karantina Covid- 19

Tidak Siap Ikuti Aturan Baru, Kutim Berlakukan Rumah Karantina Covid- 19

(26 Views) Juli 18, 2020 10:29 am | Published by | No comment

SANGATTA– Saat mulai menjalani masa new normal ini, angka terkonfimasi Covid 19 (C-19) di Kutai Timur (Kutim) malah meningkat. Bahkan diketahui, hingga kini penderita C- 19 di Kutim sudah mencapai 79 kasus. Sementara , pusat memberlakukan aturan baru karantina mandiri bagi penderita dengan status OTG, ODP dan PDP.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur dr. Bahrani Hasanal Kutim belum mampu melakukan karantina mandiri. Mengingat selama ini sebagian besar masyarakat tidak bisa mematuhi standar protokol kesehatan yang ada. Bahrani meragukan kedispilinan penderita jika harus melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing penderita. Lebih lanjut, ia menyampaikan perawatan pasien corona sangatlah intensif. Rata-rata yang dirawat membutuhkan waktu empat hingga enam pekan di RS. Sehingga 14 hari belum cukup. Bahrani, dalam rapat evaluasi gugus tugas Jumat (17/7/20).

Di tempat yang sama, Direktur RSUD Kudungga, Anik Istiyandari mengizinkan jika rumah isolasi itu dilakukan, hanya saja Ia menegaskan untuk tidak mengambil tenaga medis dari RSUD Kudungga. Sebab menurutnya,  hingga kini pihaknya pun masih membutuhkan untuk melayani 33 pasien rawat inap saat ini.

Menanggapi hal itu, Plt Bupati Kutim, Kasmidi Bulang meminta agar rumah isolasi menjadi tanggung jawab penuh dinas kesehatan. Terlebih, rumah karantina ini hanya mengcover pasien bergejala ringan.

Dia meminta, gedung badan diklat (bandiklat) milik Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kutim dapat direlokasi sementara menjadi tempat isolasi, dengan nuansa dibuat seperti rumah pada umumnya.

 

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

Leave a Reply

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of