Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Tiga Even Besar Kaltim, Akan Dibalut Kemeriahan 10 Motif Batik Asli Kutai Timur

Tiga Even Besar Kaltim, Akan Dibalut Kemeriahan 10 Motif Batik Asli Kutai Timur

(103 Views) Juni 20, 2019 3:25 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Potensi kerajinan tangan yang dimiliki masyarakat Kutai Timur seperti Batik Khas Kutai Timur yang dihasilkan pengusaha lokal, terus berupaya dipromosikan ke luar daerah. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan keikut sertaan pembatik lokal dalam pameran dan pelatihan batik, serta penampilan batik yang nantinya akan diadakan pada tiga even besar Kalimantan Timur , di Kutai Timur Sangatta. tidak hanya itu kegiatan yang menghadirkan lebih dari 1.500 orang dari 10 Kabupaten/Kota yang ada di Kaltim tersebut, nantinya para tamu VIP dalam hal ini Bupati/Walikota yang hadir akan disiapkan khusus pakaian yang memuat batik khas Kutai timur tersebut.

Menghadiri talkshow siaran langsung di RPD Kutim, mengenai kesiapan tiga acara yakni peringatan Hari Gerak Kesatuan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga (HKG PKK) ke-47, pencanangan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) ke-16 dan pelaksanaan Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-6 yang akan dilaksnakan tanggal 24-27 Juni 2019, Wakil Ketua TP PKK sekaligus Kepala Bidang Promosi Pariwisata Dinas Pariwisata Kutai Timur, Tirah Satriani mengatakan bahwa saat ini batik khas Kutim sudah banyak digemari oleh masyarakat luas, hal tersebut ia buktikan pada saat dirinya mengikuti acara bergengsi Indonesia Fhasion Week di Jakarta,  untuk itu guna mendorong lebih jauh hal tersebut, dirinya akan memasukan unsur-unsur batik pada rangkaian kegiatan, terutama dalam acara pembukaan akan menampilkan 10 motif batik khas Kutai Timur.

Selanjutnya Tirah berharap seluruh pengrajin batik khas kutim, dapat mempersiapkan sebaik mungkin persediaan batik karena akan diprediksi permintaan batik khas Kutim pada gelaran acara tersebut akan meningkat.

Voice Erwin F Syuhada

 

Print Friendly, PDF & Email
This post was written by erwin syuhada
About

Ketidaktahuan tidak akan menolong siapa pun.

Tags: , ,
Categorised in:

1 Komentar for Tiga Even Besar Kaltim, Akan Dibalut Kemeriahan 10 Motif Batik Asli Kutai Timur

  • Risno berkata:

    Assalamualaikum..
    Untuk Batik Kutai Timur bukan hanya batik Wakaroros tetapi ada 3 pembatik lagi yg masing-masing mempunyai ciri khas membawa nama Batik Kutai Timur, Seperti Batik Paku, Batik Tapak Tangan dan Batik Bunga Kelubut. Batik Wakaroros adalah batik Motif dari Dayak Basap. Sedangkan Batik Paku asli dari Batik Suku Kutai Sangatta. Jika memberi Tag Batik klu bisa batik Paku, Batik Bunga kelubut, dan Batik Tapak Tangan di tulis juga. Agar para pembaca berita mengetahui jenis2 Batik Khas Kutai Timur.
    Terimakasih
    Semoga RPD Kutai Timur makin jaya
    Salam…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.