Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tiga Pasar Tradisional Segera Dibangun Di Ranpul, Kaubun dan Muara Bengkal

Tiga Pasar Tradisional Segera Dibangun Di Ranpul, Kaubun dan Muara Bengkal

(669 Views) April 29, 2015 11:35 am | Published by | No comment

SANGATTA. Pemkab Kutai Timur rencananya akan membangun tiga pasar tradisional di tiga kecamatan mulai tahun 2015 ini. Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutim, Irawansyah, mengatakan tiga pasar tradisional yang akan dibangun berlokasi ditiga kecamatan berbeda, yakni di Rantau Pulung (Ranpul), Kaubun dan Muara Bengkal.
Dijelaskan pada program ini, pihaknya telah mengalokasikan anggaran perencanaan masing-masing sebesar Rp 45 juta untuk setiap pasar. Kemudian dilanjutkan dengan pembangunan fisik berupa turap dan uruk. Untuk anggaran fisik berupa turap diprediksi akan menghabiskan anggaran yang bersumber dari APBD II Kutim sebesar Rp 145 juta hingga Rp 150 juta.
pasar (1)“Hanya tiga pasar itu yang diprogramkan (dibangun) tahun ini. Karena (pemerintah kecamatan) sudah mengajukan permohonan,” kata Irawansyah.
Ditambahkan olehnya, pasar dengan konsep tradisional itu sesuai rencana akan dibangun diatas lahan seluas 1 hekatre hingga 2 hetare. Setidaknya akan mampu menampung 60 sampai 70 pedagang pada tahap awal. Tapi, katanya, kedepan maksimal dapat menampung hingga 100 pedagang. Selanjutnya dari sisi manajemen pengelolaan akan dilimpahkan kepada Pemerintah Kecamatan masing-masing atau BumDes.
“Tidak ada proses pembebasan lahan untuk program pembangunan pasar tradisional ini. Karena sejak awal lahan sudarh disediakan oleh pihak kecamatan,” sebutnya.
Menegaskan kembali pernyataan Kadisperindag, Camat Rantau Pulung Poniso Suryo Renggono mengatakan seluas 2 hektare merupakan lahan pemerintah kecamatan yang memang sejak awal disiapkan untuk program dimaksud. Lokasinya berdampingan dengan terminal yang saat ini sudah dibangun.Tepatnya di batas Desa Mukti Jaya dan Kebon Agung.
“Mengapa diperbatasan desa dan berdampingan dengan terminal? Tujuannya adalah untuk memudahkan aktifitas masyarakat karena didukung dengan akses transportasi,” jelasnya. (hms)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments