Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tiga Puskesmas Siap Uji Akreditasi, Target 2019 Seluruh Puskesmas Terakreditasi Dapat Tercapai

Tiga Puskesmas Siap Uji Akreditasi, Target 2019 Seluruh Puskesmas Terakreditasi Dapat Tercapai

(4818 Views) Maret 21, 2017 5:51 pm | Published by | 119 Comments

Sangatta – Tiga Puskesmas di Kutai Timur, dipastikan siap jalani uji akreditasi pada tahun 2017 ini. Sementara itu, Puskesmas lainnya tengah jalani persiapan, demi suksesnya seluruh puskesmas telah terakreditasi pada tahun 2019 mendatang.

Meski tahun 2016 lalu tiga Puskesmas gagal terakreditasi, lantaran kendala pendanaan dan sibuknya tim penilai dari pusat dan Provinsi. Namun pada tahun 2017 ini, Puskesmas Teluk Lingga/ Long Mesangat dan Kaubun dipastikan masuk dalam pengajuan untuk dilakukan penilaian pada bulan april mendatang.

Rasa optimis Dinas Kesehatan dapat mengakreditaskan tiga Puskesmas pada semester satu ini, bukan tanpa dasar. Sebab, dari segi bangunan di Puskesmas Long Mesangat dan Kaubun telah ditingkatkan, dari yang sebelumnya semi permanen menjadi permanen sesuai Peraturan Menteri Kesehatan nomor 75 tahun 2014. sedangkan untuk puskesmas teluk lingga/ telah teruji dengan diraihnya tiga kali berturut-turut sertifikasi international organization for standardization (ISO).

Ditemui diruang kerjanya, Siti Fatimah selaku Kabid Pelayanan Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kutim, optimis tiga puskesmas tersebut dapat segera terakreditasi. Selain itu, pihaknya juga tengah melakukan pendampingan untuk Puskesmas Sangatta Selatan, Teluk Pandan dan Kongbeng. Diharapkan ketiganya, dapat terakreditasi pada semester dua tepatnya bulan September 2017 mendatang.

Insert : Siti Fatimah (Kabid Pelayanan Kesehatan, Diskes Kutim)

Siti Fatimah menambahkan, dengan adanya dukungan dan perhatian lebih dari seluruh sektor di masa kepemimpinan Bupati saat ini, Dinas Kesehatan optimis pada 2019 mendatang seluruh Puskesmas telah terakreditasi. Untuk mencapai target tersebut,  rencananya pada 2018 sebanyak 9 puskesmas yang masuk tahap penilaian, dan sisanya pada tahun 2019. Maka target 21 Puskesmas se Kabupaten Kutai Timur terakreditasi dapat tercapai.

Sesuai peraturan, untuk mencapai akreditasi bukan hanya dari segi fisik yang mendapatkan penilaian. Namun tenaga medis, administrasi dan peran serta seluruh sektor dalam mendukung program tersebut.

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

119 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments