Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tindaklanjuti Instruksi Penanganan Kebakaran Lahan, Polres Kutim Tangkap 2 Pembakar Lahan

Tindaklanjuti Instruksi Penanganan Kebakaran Lahan, Polres Kutim Tangkap 2 Pembakar Lahan

(520 Views) Februari 4, 2016 10:17 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Jajaran Polres Kutai Timur kali ini benar-benar serius dalam melakukan penanganan dan penindakan terhadap kegiatan pembakaran lahan dan hutan yang hingga saat ini masih sering terjadi di Kutai Timur. Bahkan Selasa (2/2) lalu, tim yang dibentuk dan dipimpin langsung Kapolres Kutim AKBP Anang Triwidiandoko, telah mengamankan tersangka pembakar lahan.

Kapolres Kutim AKBP Anang Triwidiandoko didampingi Kasat Reskrim AKP Andika Dharma Sena, mengatakan bahwa dari hasil razia tim polres Kutim yang memang khusus menangani pembakaran lahan dan hutan, berhasil mengamankan 2 orang yakni AW dan YK, keduanya tertangkap tangan tengah melakukan kegiatan pembakaran lahan. AW tertangkap tangan melakukan pembakaran lahan seluas lebih dari 1 hektar di jalan Kenyamukan Sangatta Utara. Sementara  YK, tertangkap tangan tengah membakar lahan di jalur ring road AW Syahrani (ex Pendidikan), dengan luasan lahan yang telah terbakar sebanyak 2 hektar.

Lanjut Andika, hingga saat ini pihaknya masih melakukan pendalaman terhadap kedua tersangka dan kepemilikan lahan yang terbakar tersebut. Dari pengakuan AW, dirinya hanya sebagai orang upahan yang disuruh membakar lahan oleh pemilik tanah. Sementara tersangka YK mengaku bahwa lahan yang dibakarnya tersebut merupakan milik sendiri. Rencananya lahan-lahan ini nantinya akan digunakan untuk berkebun, menanam singkong dan sayur mayur.

(voice)

Kepada kedua tersangka, polisi menjerat dengan Undang-undang perkebunan nomor 39 tahun 2014 pasal 108 tentang membuka lahan untuk berkebun dengan membakar serta dikenakan juga 178 KUHP yakni menimbulkan kebakaran. Namun pihaknya lebih fokus pada UU perkebunan.

Lebih jauh dikatakan, penanganan kebakaran lahan dan hutan ini memang menjadi atensi khusus bagi kepolisian sesuai instruksi Presiden RI Joko Widodo. Untuk wilayah Sangatta sendiri, Polres Kutim membentuk 3 tim yang setiap harinya melakukan patroli dan pemantauan di 3 wilayah yang kerap terjadi kebakaran lahan, yakni jalur Kenyamukan, Pendidikan dan Soekarno-Hatta. Bahkan, Kasat Reskrim setiap harinya selalu mendapatkan perkembangan terkini titik-titik api di wilayah masing-masing oleh Polda Kaltim. Hal ini akan langsung ditindaklanjuti di lapangan dengan berkoordinasi kepada Polsek setempat.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments