Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tingginya Kasus Stunting Di Kecamatan Teluk Pandan, Lebihi Standar Yang Ditetapkan WHO

Tingginya Kasus Stunting Di Kecamatan Teluk Pandan, Lebihi Standar Yang Ditetapkan WHO

(66 Views) April 2, 2019 2:22 pm | Published by | No comment

Sangatta – Sesuai data dari hasil sosialisasi strategi nasional percepatan penurunan stunting serta pengumpulan data dari setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kutai Timur ditemukan hasil data yang masuk, kasus stunting di Kutim sebesar (8,60 %) dengan jumlah balita stunting (20 88) orang dari jumlah  (33.194) balita. sementara mengenai tingkat prevalensi atau jumlah populasi kasus stunting untuk tingkat kecamatan di Kutim didapatkan rata- rata (8,60) %. dari jumlah tersebut, terdapat satu kecamatan yang jumlah stuntingnya diatas standar yang ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebesar (20 %) yaitu kecamatan Teluk Pandan dengan prevalensi stunting (27,1 %).Disampaikan Kabid Kesehatan Masyarakat, Adianto Hermawandi pada rapat Coffie Morning minggu pertama April 2019.

Selain itu Teluk Pandan, ada  tujuh (7) kecamatan lainnya  yang berada diatas rata- rata prevalensi kabupaten dari jumlah (8,60 %) diatas, yaitu Kecamatan Bengalon (10,58 %), Kongbeng ( 11,16 %), Sangatta Selatan (12,14 %) , Busang (13,95 %), Batu Ampar (15,93 %), Muara Bengkal (16,64 %), Long Mesangat (17,3 %).

Menindak Lanjuti tingginya data kasus stunting pada balita di Kabupaten Timur khususnya di Kecamatan Teluk Pandan, Pemerintah dalam hal ini, Dinas Kesehatan akan segera melakukan rapat bersama dengan semua OPD terkait, guna mencegah kasus  tersebut. dikatakan, nantinya akan ada indikator- indikator yang akan dinilai, apakah tentang pemberian asupan gizi pada ibu hamil dan lain – lain.

pada kesempatan yang sama, wakil bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang yang memimpin Coffie Morning menegaskan, agar pada rapat tersebut semua OPD terkait harus ikut serta dan diharapkan setelah koordinasi tersebut segera ada tindakan lainnya yang akan dilakukan, baik sosialisasi maupun pemberian makanan tambahan yang didalamnya sudah terdapat kandungan gizi. hal ini juga sesuai dengan pernyataan Kadis Kesehatan Dr. Bahrani beberapa waktu yang kepada RPD Kutim menanggapi kasus stunting di Kutim.

Voice : Ester Pakabu

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Tingginya Kasus Stunting Di Kecamatan Teluk Pandan, Lebihi Standar Yang Ditetapkan WHO

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.