Menu Click to open Menus
Home » Pemerintahan » Tingkatkan Literasi Masyarakat , Mendagri Minta Setiap Desa Punya Perpustakaan

Tingkatkan Literasi Masyarakat , Mendagri Minta Setiap Desa Punya Perpustakaan

(157 Views) Maret 3, 2020 1:19 pm | Published by | No comment

Sangatta –  Dorong peningkatan literasi masyarakat, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah di Indonesia membuat perpustakaan di daerah masing- masing khususnya di desa – desa.

Dikutip dari JPPN. com, Mendagri Tito Karnavian pada Rakornas Perpustakaan di Jakarta 25-27  Februari 2020 meminta, agar semua kepala daerah harus membuat perpustakaan, baik di Propinsi, Kabupaten hingga ke Kecamatan yang diteruskan  ke desa- desa. Tito karnavian dihadapan  1.500 dinas perpustakaan di Indonesia termasuk didalamnya Kutai Timur menegaskan, apabila  para kepala daerah tak ada anggaran untuk perpustakaan, Ia mengancam akan menolak perjanjian keuangan daerah.  Sementara untuk desa, perpustakaan dibangun melalui dana desa (DD) yang sudah diberikan pemerintah. Hal ini dilakukan dalam rangka mendukung gerakan peningkatan literasi nasional utamanya dalam meningkatkan SDM yg unggul, kreatif, inovatif dan berkarakter.

Keputusan tersebut, ditanggapi langsung oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kutai Timur (DPDA), dimana saat ini pihaknya tengah menyusun sejumlah Mou dengan Kecamatan terkait belum adanya perpustakaan di desa. Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kutim Suriansyah dalam Coffe Morning, (2/3/20).

Di tempat yang sama, Assiten Ekonomi Dan Pembangunan Suroto ,yang memimpin rapat tersebut mewakili Pemkab Kutim membenarkan himbauan Mendagri agar setiap desa punya perpustakaan

Untuk pemerintah akan segera membangun sejumlah taman pintar di kecamatan .

Voice Novani

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments