Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Titik Api Menyebar Merata, Dinas Kehutanan Kutim Segera Lakukan Sosialisasi Bahaya Pembakaran Lahan  

Titik Api Menyebar Merata, Dinas Kehutanan Kutim Segera Lakukan Sosialisasi Bahaya Pembakaran Lahan  

(360 Views) Agustus 4, 2015 8:57 am | Published by | No comment

Sangatta. Musim kemarau ternyata memberikan dampak beragam. Mulai dari minimnya pasokan air bersih kepada masyarakat, juga ternyata juga berdampak pada semakin meningkatnya titik-titik api di masing-masing kecamatan di Kutai Timur. Dari data yang diperoleh di Dinas Kehutanan Kabupaten Kutai Timur  sejak bulan April hingga Juni 2015, ada 13 titik api yang terdeteksi di 5 Kecamatan yang ada di Kutai Timur. 3 titik api di Kecamatan Sangatta Selatan, 2 titik api di Kecamatan Sangatta Utara, 3 titik api di Kecamatan Sangkulirang, 2 titik api di Kecamatan Muara Wahau dan 3 titik api di Kecamatan Muara Ancalong.  Demikian disampaikan Kepala Dinas Kehutanan Kutai Timur Idham Edwin didampingi Kasubag Tata Usaha Dwi Prayitno.

Dikatakan, masyarakat pada umumnya masih sangat terbiasa menggunakan pola lama dalam pembukaan lahan yakni dengan cara melakukan pembakaran lahan. Tentunya hal ini sangat berimbas pada lahan-lahan lainnya yang ada disekitar lahan yang dibakar yang turut terbakar. Sementara masyarakat sendiri dalam melakukan pembakaran lahan tidak melakukan sistem pembuatan sekat bakar sehingga lahan yang ada benar-benar habis.

Untuk mencegah meluasnya kegiatan pembakaran lahan ini, Dinas Kehutanan Kutim bekerjaama dengan Instansi terkait akan melakukan sosialisasi terhadap bahaya pembakaran lahan serta sanksi sesuai undang-undang pembukaan lahan, yang mana secara tegas dikatakan bahwa bagi pembuka lahan dengan cara membakar akan dikenai pidana. Sebagai langkah awal, sosialisasi ini akan dilakukan di 3 Kecamatan yakni Sangatta Utara, Sangatta Selatan dan Teluk Pandan.

Minimal diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat melakukan pembakaran lahan dengan terlebih dahulu menyiapkan sekat bakar sehingga kebakaran tidak menyebar luas merembet ke lahan-lahan kosong lainnya. Namun tentunya tetap mengajak masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan karena adanya ancaman sanksi pidana tersebut.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments