Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » TMMD Dirasakaan Manfaatnya Masyarakat

TMMD Dirasakaan Manfaatnya Masyarakat

(609 Views) Juni 1, 2015 8:19 am | Published by | No comment

SANGATTA – Usai dilaksanakan upacara penutupan kegiatan TMMD Ke 94 di Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Ardiansyah Sulaiman, Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Ibnu Hudaya dan pejabat lingkup Pemkab Kutim langsung melakukan pengguntingan pita dan pelepasan beberapa burung merpati sebagai tanda peresmian proyek fisik TMMD.

Kegiatan yang diresmikan antara lain pembukaan jalan pendekat antara Desa Mawai Indah Kecamatan Batu Ampar menuju Desa Batu Balai Kecamatan Muara Bengkal sepanjang 4,5 kilometer (km). Menurut Dandim 0909 Sangatta, Letkol Inf Ibnu Hudaya, gregat jalan dibuat dengan lebar 6 meter, tembus dari Desa Mawai Indah ke Desa Batu Balai.Kegiatan fisik lain yang dikerjakan oleh ratusan personel TNI AD dan TNI AL serta masyarakat antara lain renovasi BPU (Balai Pertemuan Umum) meliputi pengecatan, pemasangan dinding, langit-langit, benton dan baja, plesteran, kayu, sanitasi ukurang 16×11 meter, semenisasi 25×2,5 meter. Berikutnya pembangunan pagar masjid diantaranya 1 meter persegi dinding bata, berongga ekspose ukuran 5x11x24 centimeter, dengan luas kwantitas 85,20 meter persegi dan pajangan 71 meter. Tidak hanya itu, TNI juga melakukan program rehab Gereja Katholik dengan pembuatan list plang, pengecetan dinding, semenisasi jalan panjang 25 meter dan lebar 3 meter, perbaikan lapangan volly mulai pembuatan list dan pengecekan. Sedangkan program sasaran non fisik yang dilaksanakan meliputi berbagai kegiatan penyuluhan bagi masyarakat. Seperti penyuluhan tentang bela negara, wawasan kebangsaan, sektor perkebunan, kesadaran hukum, kerukunan antar umat beragama, pentanian dan perternakan, kamtibmas (keamanan ketertiban masyarakat), bahaya penyalahgunaan narkoba dan kenakalan remaja. Ditambah penyuluhan program keluarga berencana (KB), kesehatan keluarga serta pengobatan massal.Semua program dilaksanakan selama 21 hari dan sesuai jadwal.

TMMD2Plt Bupati Ardiansyah Sulaiman usai peresmian mengakui dengan program utama memperbaiki jalan antar desa, TMMD mendorong perekonomian masyarakat serta mempermudah arus barang dan orang. Menurut Ardiansyah, dengan jalan yang cukup baik, ke depan bisa ditingkatkan untuk pengaspalan atau semenisasi. Agar tahan lama dan lebih baik lagi. Mayoritas masyarakat merasa jalan pendekat yang dibangun sangat bermanfaat bagi warga di dua desa di Kecamatan Batam.

Terutama untuk mendukung dan mempermudah distribusi hasil kebun, peternakan dan aktifitas perdagangan ekonomi lainnya. Jalan pendekat yang berakhir di areal perkebunan kelapa sawit PT Telen, memang belum beraspal namun sudah memberi arti bagi masyarakat. Jalan yang diperbaiki melalui program TMMD sangat membantu karena jaraknya lebih pendek. Sehingga waktu tempuh pun lebih cepat dibandingkan jalan aspal yang ada sebelumnya

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments