Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Tunggu Perkembangan Bankeu, Pemerintah Kutim Seleksi Proyek Prioritas

Tunggu Perkembangan Bankeu, Pemerintah Kutim Seleksi Proyek Prioritas

(460 Views) Agustus 23, 2016 2:01 pm | Published by | No comment

Sangatta. Tak mau gegabah dalam mengambil langkah pada situasi keuangan daerah yang sedang mengalami defisit, Pemerintah Kutai Timur saat ini sedang menunggu perkembangan kucuran bantuan keuangan (Bankeu) oleh pemerintah Provinsi Kaltim kepada Pemkab Kutim.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kutai Timur, Suprihanto mengatakan bahwa dengan terpangkasnya dana bagi hasil (DBH) oleh pemerintah Pusat, kini Pemkab Kutim tinggal menunggu kepastian bantuan keuangan dari Pemerintah Provinsi yang hingga kini masih terus bergerak. Jika pihaknya sudah mendapat kepastian nilai Bankeu tersebut barulah Pemkab Kutim akan membahas ulang proyek-proyek mana saja yang akan dipangkas dan yang mana tetap berjalan, sesuai petunjuk Bupati. Namun tentunya sesuai intruksi Bupati bahwa yang menyangkut hajat hidup orang banyak jangan sampai terpangkas. Seperti gaji dan insentif PNS, serta honor Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D).

Diakuinya, proyek-proyek yang diasumsikan defisit tersebut memang sudah diluar toleransi belanja keuangan daerah. Karenanya, besaran pendapatan daerah akan dipastikan terlebih dahulu barulah kemudian disesuaikan dengan belanja yang akan dilakukan.

Sementara dalam beberapa hari ke depan, surat kendali untuk pengeluaran anggaran sudah akan ada di tangan bagian keuangan Setda Kutim dan dirinya berharap angkanya sudak tetap dan tidak akan berubah lagi. Sehingga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang akan melakukan belanja, akan langsung berurusan dengan bagian keuangan yang nantinya akan mengatur dan membatasi apa saja belanja maupun proyek yang bisa dilakukan dan mampu terbayarkan. Sementara Bappeda dan Dispenda Kutim hanya akan menyiapkan pendapatannya saja. Sehingga nantinya, apapun belanja maupun proyek yang akan dilakukan akan disesuaikan dengan pendapatan yang ada dan sesuai dengan proyeksi rencana pembangunan ke depan.

Lebih jauh dikatakan Suprihanto, hingga saat ini proyek yang masih berjalan adalah proyek-proyek yang didanai oleh Pusat dan Provinsi Kaltim. Sementara proyek-proyek yang dianggarkan melalui APBD II Kutim dipastikan dihentikan sementara hingga Desember mendatang, sambil menunggu kepastian anggaran daerah yang tersedia.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments