Menu Click to open Menus
Home » Acara » UKM Tangguh Jadi Program Ekonomi Kutai Timur Pasca Tambang

UKM Tangguh Jadi Program Ekonomi Kutai Timur Pasca Tambang

(54 Views) Februari 8, 2019 11:22 pm | Published by | No comment

Sangatta – UKM Tangguh menjadi program Strategis PT. Kaltim Prima Coal (KPC), dalam meningkatkan perekonomian non tambang di Kutai timur.

Ditemui dalam acara inagurasi UKM Tangguh yang dilaksanakan di Ruang Meranti, Kantor Bupati Kutai Timur, Rabu 6 Februari, GM ESD PT. KPC Wawan Setiawan menyampaikan, program tersebut akan melahirkan para pelaku usaha muda yang akan menjadi bagian dari tonggak peradaban perekonomian Kutai Timur. Ia juga menerangkan pada prinsipnya program tersebut bertujuan, guna mewujudkan desa yang mandiri setelah berakhirnya pertambangan. para  pelaku usaha yang telah mengikuti program UKM Tangguh tersebut, diharapkan menjadi struktur ekonomi desa maupun di kota. Ia juga menyampaikan  jika tambang berakhir maka para entrepreneur tersebut akan menjadi Bagian penting dalam perkembangan ekonomi di Kutai Timur.

Pada kesempatan yang sama wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Menyampaikan dengan adanya program yang melahirkan tiga puluh UKM Tangguh tersebut, diharapkan dapat memberikan motivasi kepada pelaku Usaha Lainnya. Selain itu ia juga menyampaikan nantinya Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy yang akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Akan dapat menjadi langkah awal bagi pemasaran produk-produk UKM tersebut Keluar Daerah.

Program UKM Tangguh yang diikuti tiga puluh pelaku UKM di empat Kecamatan yang memiliki dampak langsung pertambangan PT KPC,  meliputi Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Rantau Pulung serta Kecamatan Bengalon, adalah program yang dilaksanakan antara PEMKAB Kutai Timur melalui Dinas Koperasi dan UKM, bekerja sama dengan PT. Kaltim Prima Coal (KPC) dan Komunitas Tangan Di Atas (TDA).

Kegiatan tersebut dimulai sejak agustus hingga desember tahun lalu dan kemudian kegiatan ini sendiri diharapkan akan berdampak pada sektor ekonomi terutama pada bidang Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di wilayah Kutai Timur.

Reporter RPD Kutim Erwin F Syuhada

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for UKM Tangguh Jadi Program Ekonomi Kutai Timur Pasca Tambang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.