Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Usai Tercemar, IPA Kaubun Beroperasi Normal Kembali

Usai Tercemar, IPA Kaubun Beroperasi Normal Kembali

(1416 Views) September 23, 2016 5:48 pm | Published by | No comment

sam_1616

Sangatta. Sempat  terhenti beroperasi sejak 14 September 2016 hingga 16 September 2016 akibat pencemaran yang terjadi di Sungai Kaubun, kini Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Cabang Kecamatan Kaubun telah beroperasi normal kembali. Demikian sampaikan Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta, Aji Mirni Mawarni.

Melalui surat elektronik yang dikirimkannya, Mawar menyampaikan bahwa saat ini PDAM Cabang Kaubun telah beroperasi normal kembali. Sementara kualitas air baku juga sudah kembali normal. Akibat tercemarnya air Sungai Kaubun beberapa waktu lalu, PDAM Kaubun sempat menghabiskan operasinya selama 3 hari (14-16 September 2016) dan juga di rentan waktu 25 Agustus 2016 sampai dengan 13 September 2016, sempat terhenti juga operasinya selama kurang 3 hari.

Sementara terkait permasalahan pencemaran Sungai Kaubun, Mawar mengatakan hal tersebut saat ini sedang ditindak lanjuti oleh Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Kutai Timur. Dirinya berharap, kondisi ini tidak terjadi lagi agar PDAM dapat selalu beroperasi melayani air bersih kepada masyarakat.

Sebagaimana pernah diberitakan sebelumnya, bahwa akibat pencemaran yang terjadi di Sungai Kaubun belum lama ini, PDAM Cabang Kaubun sejak 2 September 2016 lalu sudah mengurangi kapasitas produksi air bersih pada PDAM Kabun. Dari hasil pemeriksaan laboratorium  yang dilakukan secara internal oleh PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta, pada air Sungai Kaubun diketahui mengandung logam besi (Fe) dan Mangan (Mn) yang melampaui ambang batas wajar. Dugaan sementara pencemaran tersebut diakibatkan oleh aktifitas pertambangan yang ada di wilayah bantaran sungai Kaubun. Temuan ini juga telah ditindak lanjuti BLH Kutim dengan melakukan pengambilan uji sampel air Sungai Kaubun di beberapa titik. Sementara hasilnya masih harus menunggu uji laboratorium di Samarinda.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments