Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Virus TB MDR Terdeteksi di Kecamatan Sangatta Selatan dan Sangatta Utara

Virus TB MDR Terdeteksi di Kecamatan Sangatta Selatan dan Sangatta Utara

(694 Views) Juli 23, 2015 7:55 am | Published by | No comment

Sangatta. Dinas Kesehatan Kutai Timur mulai melakukan scening atau pemetaan wilayah terhadap temuan kasus penyakit paru Tuberkulosis (TBC) yang meningkat levelnya menjadi TB MDR di kecamatan Sangatta Selatan dan Kecamatan Sangatta Utara, belum lama ini. Pemetaan ini dilakukan agar virus TB MDR ini tidak menyebar luas di kedua Kecamatan ini.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kutai Timur dr Aisyah, temuan kasus TB MDR di Sangatta Selatan, diperkirakan karena yang si penderita merupakan pasien TBC sebelumnya yang tidak selesai masa pengobatannya sehingga kemudian resisten atau kebal terhadap obat TB yang standar dan akhirnya virus yang ada meningkat levelnya menjadi TB MDR, yang cukup membahayakan. Virus ini dapat menularkan kepada orang yang sehat dan langsung menderita TB MDR tanpa melalui fase menderita TB biasa.

Saat ini si penderita telah dirujuk ke Rumah Sakit Abdul Wahab Syahrani (AWS ) Samarinda untuk mendapatkan pengobatan yang lebih intensif agar bisa mematikan virus TB MDR tersebut. Walaupun diakuinya pada tahun lalu belum ada temuan atau laporan dari Rumah Sakit atau Puskesmas di Sangatta akan adanya kasus TB MDR ini, namun pada tahun ini saja sudah ada laporan beberapa temuan dan penangan pasien TB MDR di Puskesmas Sangatta Utara, bahkan tahun ini juga sudah ada satu orang pasien yang meninggal dunia di RSUD Kudungga Sangatta akibat menderita penyakit TB MDR ini.

(voice)

Lebih jauh Aisyah berharap bagi penderita penyakit TBC agar benar-benar membulatkan tekad dan berjuang untuk sembuh secara total. Sedangkan bagi keluarga penderita yang berperan sebagai petugas pendamping minum obat (PMO) untuk dapat benar-benar menjaga dan memastikan agar proses minum obat penderita TBC ini dilakukan secara teratur dan benar waktunya.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments