Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Wabup Sosialisasikan Program “Desa Membangun”

Wabup Sosialisasikan Program “Desa Membangun”

(3395 Views) Februari 29, 2016 6:01 am | Published by | No comment

SANGATTA – Ketika Bupati Ismunandar menghadiri Musyarawah Perencanaan Pembangunan Kecamamatan (Musrenbangcam) Sangatta Utara, dihari yang sama Wakil Bupati Kasmidi Bulang juga membuka Musrenbangcam Batu Ampar.

Maksud dan tujuan kunjungan kewilayah pedalaman adalah untuk menyerap langsung aspirasi dari masyarakat, seperti yang diamanahkan oleh masyarakat kepada Bupatidan Wabup periode 2016-2021. Camat Batam Darmansyah memaparkan kepada Wabup bahwa skala periotas pembangunan diwilayahnya adalah Pembangunan Kantor Camat Batu Ampar, Pemembangunan Gedung Balai Pertemuan Umum, Pembanguan Jaringan listrik dan infrastruktur dasar lainnya. Sehubungan hal tersebut, Wabup lantas menginstruksikan kepada SKPD (satuan kerja perangkat daerah) untuk mencatat dan menindak lanjuti.

“Perlu diketahui bahwa di Kecamatan Batu Ampar ada tiga desa tertinggal yang perlu didorong menjadi desa mandiri. Insya Allah seperti harapan kita semua, mudah-mudahan hasil Musrenbang ini terwujud amin,” ujar Wabup Kasmidi Bulang dihadapan masyarakat yang hadir saat itu. Dia menjelaskan kepada masyarakat program desa membangun menjadi tujuan pembangunan yang tertuang dalam visi-misi Pemkab Kutim 2016-2021.

Setelah selesai melaksanakan Musrenbang di Kecamatan Batam, Wabup lantas melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Muara Bengkal untuk melaksanakan kegiatan serupa. Penyambutan Wabup di Muara Bengkal dilaksanakan di Desa Muara Bengkal Ulu. Kasmidi disambut langsung oleh Camat Muara Bengkal Suwandi beserta unsur Muspika, Kepala Desa, Kepala BPD, tokoh adat dan tokoh masyarakat.

Camat Muara Bengkal Suwadi melaporkan bahwa saat ini didaerahnya membutuhkan pembangunan Rumah Sakit Pratama (RSP). Untuk meminimalisasi kejadian fatal, seperti ibu-ibu yang mau melahirkan dengan kondisi kritis.

“Sebab jika di rujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga di Sangatta atau ke RS Wahab Syahranie di Samarinda jarak yang ditempuh cukup jauh. Untuk itu diperlukan RSP, yang nantinya RSP ini akan akan melayani lima kecamatan mulai Kecamatan Busang, Long Masangat, Muara Ancalong, Muara Bengkal dan Kecamatan Batu Ampar,” sebutnya. “Sementara saat ini, lahan seluas 2 ha telah tersedia untuk pembangunan RSP,” tambah Suwandi Wabup menanggapi positif keingunan warga dipedalaman. Untuk itu, menurut Kasmidi, saat ini pemerintah memulai membangun dari bawah. Guna memacu pembangunan yang ada di semua desa, karena saat ini jumlah Desa ada 133, 2 Kelurahan , 27 desa tertinggal dan sisanya masih berstatus desa berkembang.

Selanjutnya baru ada 4 desa yang masuk di kategori desa mandiri. Seluruhnya akan dipelajari dan ditindak lanjuti sesuai dengan prioritas kebutuhan masing-masing daerah.

“Dari bawah, program itu muncul yang di sebut ‘Desa Membangun’, selanjutnya akan di kawal hingga ke Musrenbangkab, diteruskan ke masing-masing SKPD dan dilanjutkan pembahasannya ke tingkat DPRD dan direalisasikan pada Tahun 2017 mendatang,” jelas Kasmidi. Sekedar diketahui Musrenbangcam yang dilaksanakan di Kecamatan Batam melibatkan 6 Desa seperti Desa Beno Harapan, Mawai Indah, Mugi Rahayu, Himba Lestari, Batu Timbau dan Desa Telaga yang menghasilan pembangunan dibidang Fisik dan perasarana, ekonomi kerakyatan dan Sosial Budaya. Sementara di Kecamatan Muara Bengkal diikuti 7 Desa diantaranya Desa Batu Balai, Benua Baru, Muara Bengkal Ulu, Muara Bengkal Ilir, Ngayau, Senambah, serta Desa Mulupan. Para Kepala Desa menitipkan pesan prioritas di tahun 2017 diantaranya infrastruktur, sarana dan prasarana pendidikan serta kesehatan pemberdayaan masyarakat dan pertanian. Usulan tersebut telah dirumuskan melalui musyawarah mufakat melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments