Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Wakil Bupati : Dinsos Harus Peka Dalam Menindaklanjuti Musibah Kebakaran

Wakil Bupati : Dinsos Harus Peka Dalam Menindaklanjuti Musibah Kebakaran

(472 Views) April 25, 2016 9:17 am | Published by | No comment

Sangatta – Kebakaran yang terjadi di Muara Ancalong pada Sabtu (23/4) subuh, mengakibatkan 16 Kepala Keluarga (KK) kehilang tempat tinggalnya.

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang menuturkan bahwa kebakaran yang terjadi di Muara Ancalong tersebut mendapat respon langsung Bupati Ismundar dan dirinya, yang meminta Dinas Sosial untuk segera turun memberikan bantuan. Kebakaran tersebut langsung dilaporkan oleh masyarakat yang ada di Muara Ancalong Kepada Bupati, mendapat laporan tersebut Bupati langsung memerintahkan masalah ini dimasukan dalam pembahasan pada Coffe Morning yang dilaksanakan Pemerintah Daerah, pagi tadi (25/4) diiruang Meranti Kantor Bupati.

NoorAlih dari Dinas Sosial dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa Dinsos sudah mengirim bantuan berupa makanan, ada 16 Kepala Kelurga (KK) yang harus kehilangan tempat tinggal akibat musibah kebakaran tersebut. Selain itu Dia juga melaporkan angin punting beliung yang terjadi di Kecamatan Batu Ampar ada 7 rumah atapnya yang dihantam angin. Dikatakan bahwa hal ini juga berkoordinasi dengan  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kutai Timur yang menanggulani bencana-bencana yang terjadi.

Noor Alih mengungkapkan yang menjadi kendala Dinsos dalam menyalurkan dana bantuan kepada korban yang mengalami musibah, seperti yang dialami 16 KK di Muara Ancalong baru-baru saja dan kejadiannya lainnya di Kutai Timur ini, karena terkait dengan pengganggaran DPT. Selain prosesnya agak lama, sehingga yang terkena musibah bisa menunggu sampai 6 bulan bahkan sampai setahun baru bisa diberikan bantuan dari Pemerintah Daerah.

Lebih lanjut, Noor Alih menambahakan bahwa hal Ini menjadi salah satu masukan bagi Pemerintah Daerah, bagaimana menyikapi musibah-musibah yang terjadi, terutama kebakaran yang terjadi di Kabupaten Kutai Timur, Dirinya juga mengungkapkan bahwa ada beberapa kejadian kebakaran seperti di Gang Bone yang belum tertangani bantuannya, karena terkait dengan penganggaran tidak ada, namun penanganan bantuan didapur-dapur dapat segera diberikan bantuannya.

Sementara itu, Plt (Pelaksana Tugas) Sekda Yulianti menerangkan bahwa Dinas Sosial akan segera menyalurkan bantuan, karena pihaknya sudah menyiapkan dana cadangan. Contonya seperti musibah kebakaran, jadi tidak perlu menunggu sampai enam bulan, apabila ada kejadian harus segera ditindak lanjuti. Untuk dirinya meminta kepada Dinas Sosial untuk segera tindak lanjuti penyaluran bantuan untuk korban kebakaran yang terjadi di Muara Ancalong beberapa waktu lalu.

Voice Plt.Sekda Yulianti_segera tindak dengan dana cadangan

Senada dengan Plt. Sekda Yulianti, Wakil Bupati Kutai Timur Kasmidi Bulang juga meminta agar Dinas Soasial sedikit peka jika terjadi musibah-musibah, ketika ada kejadian harus siap dan segera tindak lanuti, Kasmidi Bulang mengakui memang apa yang diberikan mungkin tidak teralisasi 100 persen dibantu, namun paling tidak  bantuan yang diberikan dapat meringankan beban para korban mesibah kebakaran. Seperti yang telah disampaikan Sekda bahwa bantuan dapat disalurkan terlebih dahulu melalui dana cadangan, maka tidak perlu menunggu lama untuk penyaluran dana bantuan kepada masyarakat yang mengalami musibah kebakaran.

Voice Wakil Bupati_Kasmidi Bulang_Dinsos Harus Peka

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments