Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Wakil Bupati, Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun

Wakil Bupati, Pimpin Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun

(508 Views) Oktober 28, 2016 6:20 pm | Published by | No comment

img20161028085221

Sangatta – Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke 88 Tahun, dengan tema Revolusi Mental Untuk membangkitkan Pemuda Menju Aksi “Pemuda Indonesia Menatap Dunia”, digelar di Halaman Kantor Bupati Bukit Pelangi, Jum,at (28/10/16) dipimpin Wakil Bupati Kasmidi Bulang sebagai Inspektur Upacara. Dengan Komandan Upacara Komando Inti Pemuda Pancasila Ahmad Yani dari Satuan Pemuda Pancasila Kutai Timur.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda diikuti, peserta apel dari TNI Angakatan Darat, TNI Angkatan Laut, Polres Kutai Timur, Satpol PP, Dishubkominfo, Korpri, TK2D dan Pelajar tingkat SLTA di Kota Sangatta. Tamu undangan yang hadir diantaranya Wakil Ketua DPRD Kutim, Mahyunadi, Sekretaris Daerah Irawansyah, Para Asisten, Kepala SKPD, Kepala Badan, Kepala kantor, Kepala Bagian, FKPD, Peerwakilan Perusahaan, Perbankan, Toko Pemuda, Tokoh Masyarakat, KNPI, Pemuda Pancasila serta tamu undangan lainnya

Wakil Bupati Kasmidi Bulang, dalam amanat Mentri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi mengatakan Data demografi Indonesia menyebutkan bahwa jumlah pemuda di Indonesia sesuai dengan UU nomor 40 tahun 2009 tentang kepemudaan, dengan range usia antara 16-30 tahun, berjumlah 61,8 juta orang, atau 24,5 % dari total jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 252 juta orang (berdasarkan Data Badan Pusat Statistik).

Secara Kuantitas, angka 24,5 % ini cukuplah besar, ditambah lagi dalam waktu dekat ini mulai tahun 2020 – 2035, Indonesia akan menikmati era yang langka, yang disebut dengan Bonus Demografi. Dimana jumlah usia produktif indonesia diproyeksi berada pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini, yaitu mencapai 64 % dari total jumlah penduduk Indonesia sebesar 297 juta jiwa.

Insert : Wakil Bupati

Lebih lanjut, Kasmidi mengatakan Bonus Demografi menjadi peluang yang sangat strategis bagi sebuah Negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan ketersediaan sumber daya manusia usia produktif dalam jumlah yang cukup signifikan. Rasio sederhananya dapat digambarkan bahwa disetiap penduduk Indonesia, terdapat 64 orang yang berusia produktif, sisanya 46 orang adalah usia anak-anak dan lansia. Rasio usia produktif diatas 64 % sudah lebih dari cukup bagi Indinesia untuk melesat menjadi negara maju. Itu adalah rasio usia produktif terbaik Indonesia yang mulai kita nikmati nanti tahun 2020 dan akan berakhir pada tahun 2035.

Voice : Repoter RPD Kutim/Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments