Menu Click to open Menus
Home » Kesehatan » Swarga Bara jadi Desa Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

Swarga Bara jadi Desa Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

(15 Views) September 5, 2019 2:49 pm | Published by | No comment

Sangatta – Kutim menjadi salah satu percontohan desa sadar jaminan sosial. kali ini, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bontang kembali meresmikan Desa Swarga Bara sebagai desa Sadar Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Kamis (5/9/2019). Desa ini diharapkan menjadi kawasan yang siap menghadapi resiko sosial.

Diketahui, hingga saat ini BPJS Ketenagakerjaan sudah meresmikan tiga desa Sadar Jaminan Sosial di Kutim, yakni Sangatta Utara, Teluk Pandan, dan Swarga Bara. Dengan tujuan dapat memberi perlindungan pada seluruh warga.

Asisten Deputi Wilayah Bidang TI BPJS Ketenagakerjaan Kanwil Kalimantan, Kikky Hendriawan mengatakan pada bulan lalu pihaknya telah menjalin kerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kutim.

Harapannya kerjasama antar pemkab selaras dan bermanfaat bagi masyarakat.

Dia menjabarkan perkembangan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Kutim, pihaknya telah mengcover  376 perusahaan di Sangatta. Jumlah tenaga kerja 44.733 orang. Potensi kepesertaan TK2D dengan pembayaran klaim jaminan hari tua mencapai 1693 klaim, senilai Rp 15,7 milyar serta jaminan kematian lima klaim senilai Rp 117 juta, sejak Januari hingga Agustus 2019.

Sementara itu, Wakil Bupati Kutim, Kasmidi Bulang saat membuka peresmian DSJS menyampaikan, Swarga Bara menjadi pilot project tahun ini di Kutim. Sehingga bisa menjadi percontohan untuk desa di sekitarnya.

Menurutnya, hal seperti ini harus diikuti oleh masyarakat, sebab jaminan ketenagakerjaan dapat membantu meringankan beban pekerjaan. Dirinya juga menegaskan pada perusahaan yang ada di Kutim wajib mengikuti dan mendaftar jaminan ketenagakerjaan ini.

Selain itu, Pemkab Kutim akan mengupayakan pendaftaran untuk TK2D. Namun hal itu dilakukan setelah menyelesaikan BPJS Kesehatan. Dengan persyaratan tenaga kerja kontrak tersebut harus rajin bekerja.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in: ,

No comment for Swarga Bara jadi Desa Sadar Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.