Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Wakil Bupati : Selama Tahun 2016 Provinsi Kaltim, Sempat Mengalami Kontraksi Sebesar Negatif 0,12 Persen

Wakil Bupati : Selama Tahun 2016 Provinsi Kaltim, Sempat Mengalami Kontraksi Sebesar Negatif 0,12 Persen

(499 Views) Januari 9, 2017 3:53 pm | Published by | No comment

kb

Sangatta – Pada Upacara Peringatan ke 60 Hari Ulang Tahun Provinsi Kalimantan Timur, di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kutai Timur, Senin (8/1/17) di ikuti oleh TNI/POLRI, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Tenaga Kerja Kontrak Daerah (TK2D) di Lingkungan Pemkab Kutim, di Lapangan Kantor Bupati Kutai Timur, Bukit Pelangi Sangatta. Bertindak sebagai Ispektur Upacara Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang.

Dalam sambutan Gubernur Kalimantan Timur, yang dibacakan Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang mengatakan tantangan dalam membangun memang tidaklah kecil, badai krisis financial serta global dan regional serta pertumbuhan ekonomi nasional sampai akhir 2016 lalu belum sepenuhnya membaik.

Disisi lain kita juga, mendapat pengurangan anggaran dari Pusat sehingga hal tersebut juga berdampak langsung terhadap perekonomian dan kinerja pembangunan ditingkat daerah. Selama tahun 2016, Provinsi Kalimantan Timur mengalami masa-masa sulit, meskipun kinerja ekonomi Kaltim pada triwulan ke III sempat mengalami peningkatan sebesar 0,83 persen akan tetapi akhirnya mengalami kontraksi sebesar negatif 0,12 persen.

Insert : Wakil Bupati

Dari sisi produksi, laju perekonomian Kaltim dipengaruhi oleh penurunan kinerja lapangan, usaha pertambangan, dan penggalian yang dalam beberapa tahun sebelumnya menjadi andalan justru terkoreksi minus 2,85 persen.

Kita bersyukur ditengah pertumbuhan ekonomi yang lambat tersebut, ternyata ada sektor-sektor lain, yang mengalami peningkatan antara lain, industri pengolahan tumbuh sebesar 0,91 persen dan pertanian sebesar 2,36 persen. Agroindustri memberikan peluang yang sangat prospektif, begitulah dengan industri pengolahan juga diperkirakan mengalami peningkatan yang disumbang oleh non industri terutama CPO dan sejumlah pabrik-pabrik baru di Kaltim sudah mulai beroperasi dan menambah kapasitas produksi CPO di Kaltim sebesar 1,005 ton/tahun atau meningkat sebesar 30 persen dari kapasitas produksi yang ada saat ini.

Disamping itu, sokongan juga datang dari adanya peningkatan yang cukup signifikan pada lapangan usaha kontruksi yang tumbuh 7,86 persen, untuk itu kita berharap pada tahun 2017 ini maupun pada tahun mendatang dapat lebih ditingkatkan lagi.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments