Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Wakil Bupati Tegaskan, Organisasi Yang  Berada dibawah Naungan Pemerintah Jangan Berpolitik

Wakil Bupati Tegaskan, Organisasi Yang  Berada dibawah Naungan Pemerintah Jangan Berpolitik

(703 Views) April 26, 2016 12:00 am | Published by | 1 Comment

Sangatta – Perlunya dibentuk dan penjaringan terhadap Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) yang berada dibawah naungan Pemerintah, Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Timur, Abdul Kadir pada coffee Morning diruang Meranti Kantor Bupati, Senin (25/4) menuturkan alasan kenapa menjaring keitga forum tersebut untuk pengurus-pengurus Kabupaten Kutai Timur.

Pertama adalah Organisasi Lembaga Kemasyarakatan (Ormas) yang berpelat merah ini, yang wajib dibiaya oleh Pemerintah Daerah maupun Propinsi dan Pusat. Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) dan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) salah satu tugasnya adalah mendeteksi dini dan pencegahan dini terhadap konflik- konflik hingga perlu pengurus-pengurusnya adalah bisa bekerja dengan baik serta dapat bekerjasama dengan Pemerintah Daerah. Kemudian Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Organisasi ini bisa memberikan rekomendasi kepada Pemerintah Daerah, dalam pembangunan rumah-rumah ibadah, dan dapat menangani konflik-konflik agama. Selanjut Forum Pembauran Kebangsaan (FPK)), bertugas mengayomi paguyuban-paguyuban, termasuk paguyuban-paguyuban yang ada di Kabupaten Kutai Timur.

Lebih lanjut dikatakan, sehingga penjaringan pengurus Forum-Forum ini selanjutnya diberikan sosialisasi, agar dapat mengerti apa yang menjadi tugas atau kewajibannya. Untuk itu, pada kamis minggu ini, Kesbangpol akan mengundang kembali pengurus-pengurus Forum-Forum tersebut, memberikan pengarahan seperti apa tugas dan fungsi ketiga forum tersebut serta memberikan kriteria-kreiteria pengurus. Tetapi untuk pemilihan sendiri diserahkan sepenuhnya kepada peserta yang diundang untuk memilih siapa ketua, sekretaris, bendahara dan seterusnya. Sehingga tidak ada interfensi kepada tiga Forum dalam pemilihannya oleh Kesbangpol sendiri. Pengarahan ini perlu diberikan karena tugas dari ketiga Forum ini sebagai pendampingan bagi Pemerintah Daerah dalam mencegah atau deteksi dini dalam artiannya diharapkan dengan keberadaan Forum-Forum tersebut, dapat memberikan berkordinasi dengan Pemerintah Daerah

Voice (Kepala Kesbangpol_Abdul Kadir)

Berbeda dengan Kepala Kesbangpol, Wakil Bupati Kutai Timur Kamidi Bulang menambahkan, sampai hari ini Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur belum membentuk organisasi-organisasi yang berada dibawah naungan pemerintah. Selanjutnya menanggapi apa yang disampaikan Kepala Kesbangpol, Wakil Bupati sebaliknya mengatakan harus ada intervensi itu, agar supaya pengurus-pengurus tidak salah dalam memilih orang, sehingga dilepas begitu saja. Karena jika dilepas begitu saja, Kasmidi Bulang mengatakan, bisa saja nanati orang yang dipilih sebagai ketua tidak pada tempatnya, hal ini menjad bisa menjadi bumerang bagi pemerintah daerah sendiri. Sehingga Dia menghimbaukan kepada Kesbangpol, kalau perlu dikawal terus, pengawalan tersebut mungkin tidak detail.

Intervensi yang dimaksudkan adalah bagaiamana memberikan petunjuk, paling tidak gambaran untuk menjadi seorang ketua, harus bisa mengbackup Program Pemerintah salah satunya Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM), dikatakan Kasmidi jangan sampai LSM yang masuk menjadi ketua. Dirinya menegaskan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) ini kedepan jangan sampai berpolitik. Hal inilah yang masih menjadi koreksi Pemerintah Daerah dalam pembentukan dan Pengukuhan ketiga Forum tersebut, sehingga kedepannya Organisasi-Organisasi ini kedepannya dapat berjalan pada rilnya.

Voice Wakil Bupati_Jangan Berpolitik

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments