Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Walau Masuki Musim Penghujan, Pembakaran Lahan Masih Warnai Kutai Timur

Walau Masuki Musim Penghujan, Pembakaran Lahan Masih Warnai Kutai Timur

(457 Views) Januari 14, 2016 9:19 am | Published by | 1 Comment

Sangatta. Walau sudah memasuki musim penghujan, ternyata kegiatan pembakaran secara sporadis tetap terjadi di Kutai Timur. Seperti di kota Sangatta, dalam beberapa hari terakhir di sepanjang ruas jalur Pendidikan, terlihat kepulan asap tebal mengepul tinggi akibat kebakaran lahan yang disinyalir dilakukan secara sengaja oleh masyarakat. Hal tersebut juga dibenarkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kutai Timur Zainuddin Aspan.

Kepada awak media, dirinya mengatakan bahwa walaupun sudah memasuki musim penghujan, namun akibat intensitas curah hujan yang masih rendah maka masyarakat masih memanfaatkan kondisi kering ini untuk melakukan pembakaran lahan. Pembakaran lahan ini kebanyakan dilakukan masyarakat iuntuk membuka lahan sebagai ladang bertani. Bahkan dirinya mengatakan, Sabtu (9/11) lalu, terdeteksi ada 8 titik api yang tersebar di Kutai Timur. Sementara beberapa hari ini ada sekitar tiga hingga empat titik hotspot di Kutim.

Lanjut Zainuddin, pihaknya tetap melakukan pengawasan dan  pemantauan pada kegiatan pembakaran lahan yang dilakukan masyarakat ini. Bahkan jika kondisi kebakaran cukup membahayakan tempat pemukiman warga, maka selain dilakukan pemadaman pihaknya juga akan berkoordinasi dengan aparat keamanan  untuk melakukan tindakan.

(voice)

Lebih jauh dikatakan, pihaknya berharap agar insentitas curah hujan dapat turun secara normal. Selain itu, himbauan kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran secara sporadis juga tidak pernah bosan digaungkan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments