Menu Click to open Menus
Home » Acara » Wabup Apresiasi Pelatihan Jurnalistik Pelajar

Wabup Apresiasi Pelatihan Jurnalistik Pelajar

(190 Views) Mei 15, 2018 8:56 pm | Published by | No comment

( foto by khusnul khotimah )

Sangatta – Menutup kegiatan Pelatihan Jurnalistik Pelajar dan Mahasiswa, Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang menyampaikan, jurnalistik penting bagi kemajuan daerah, karena berbagai informasi yang terjadi didapati melalui media pemberitaan yang terpercaya.

Menurut Kasmidi, banyak berbagai isu maupun berita bohong yang sengaja diciptakan sebagian oknum, untuk memperkeruh suasana, dan sayangnya, banyak masyarakat yang menerima dan langsung mempercayainya, tanpa melakukan pengecekan ulang.

Kasmidi menjelaskan, jurnalis sangat dibutuhkan, karena tanpa adanya jurnalis maka masing-masing orang bisa membuat opini semaunya sendiri, seperti berita-berita yang berbentuk profokasi, hal tersebutlah yang dapat dengan mudah membuat kekacauan dan perpecahan dimasyarakat. Ia berharap dengan adanya pelatihan-pelatihan jurnalistik dikalangan pelajar, maka akan menumbuhkan bibit jurnalis dari Kutai Timur yang dapat memajukan daerah.

Pelatihan yang terselenggara atas kerjasama Aliansi Jurnalistik Kutai Timur (AJKT) dan Lembaga Pers Mahasiswa (LPM), berlangsung di SMK Negeri I Sangatta Selatan, Selasa, 15 Mei.

Dikesempatan tersebut, Ketua  AJKT, Dedy menyampaikan, pelatihan jurnalistik bagi pelajar dimaksudkan untuk memberikan semangat kepada pelajar untuk menjadi jurnalis, karena menurutnya, peluang untuk menjadi jurnalis professional di Kutai Timur masih terbuka lebar.

Pada pelatihan tersebut, para pelajar diberikan pemahaman mengenai berbagai jenis berita, dari media cetak, online, televisi dan radio. Selain itu, pelajar juga langsung diberi tugas mempraktekkan bagaimana membuat berita dari kejadian yang terjadi disekitar mereka.

Setelah mendapat pelatihan di sekolah, para pelajar diminta untuk aktif dalam memberikan informasi yang terjadi dilingkungan mereka. Jika memenuhi unsur berita, maka informasi yang mereka kirimkan, dapat akan dimuat di media online maupun cetak, demikian yang dijanjian ketua AJKT, Dedy saat menutup kegiatan tersebut.

 

Print Friendly, PDF & Email
Categorised in:

No comment for Wabup Apresiasi Pelatihan Jurnalistik Pelajar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.