Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Warga Sandaran Minta Kejelasan dan Revisi MoU Terkait Plasma Warga  

Warga Sandaran Minta Kejelasan dan Revisi MoU Terkait Plasma Warga  

(8173 Views) Maret 30, 2015 8:52 am | Published by | No comment

Sangatta. Puluhan masyarkat Kecamatan Sandaran yang tersiri dari 4 Desa, pagi tadi melakukan mediasi dengan PT Sinergi Agro Industri Estate dan PT Bumi Mas Agro, terkait kejelasan Plasma Sawit yang ada di 4 desa Kecamatan Sandaran, yakni Desa Manubar, Desa Susuk Dalam, Desa Susuk Luar dan Desa Marukangan. Sedangkan mediasi dilakukan oleh Dinas Perkebunan dan Dinas Koperasi dan UKM Kutai Timur.

Andi Nurdin salah seorang warga, menuturkan bahwa tuntutan masyarakat adalah terkait kejelasan hak masyarakat terkait kewajiban perusahaan terkait plasma. Selain itu, pihaknya meminta MoU atau kesepakatan antara masyarakat dengan pihak kedua perusahaan dilakukan revisi kembali sesuai kesepakan hasil musyawarah terbaru, serta MoU atau kesepakatan ini harus nyata hitam diatas putihnya.

Lanjutnya,  masyarakat menuntut kejelasan 20 persen lahan plasma yang harus disiapkan oleh pihak perusahaan sesuai ketentuan yang berlaku. Walaupun dari hasil mediasi, dianggap hanya terjadi kesalah fahaman dan tidak adanya komunikasi antara warga dengan pihak perusahaan. Namun hasil mediasi masih tetap menggantung, karena belum adanya kepastian kapan tuntutan warga ini dapat terealisasi.

(voice)

Sementara itu  Dinas Perkebunan (Disbun) Kutim , meminta kepada pihak perusahaan benar-benar proaktif dalam membantu dan merespon tuntutan masyarakat. Terlebih dalam masalah pembentukan koperasi, pihak Disbun meminta pihak perusahaan ini membantu dalam pembentukan koperasi plasma warga dan melakukan pembinaan. Terlebih keberadaan koperasi sangat besar manfaatnya bagi masyarakat petani plasma, terutama dalam pengajuan kredit ke pihak Bank.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments