Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pangdam VI/Mulawarman dan Kapolda Kaltim Inspeksi Titik Api di Kaltim

Pangdam VI/Mulawarman dan Kapolda Kaltim Inspeksi Titik Api di Kaltim

(1094 Views) Februari 1, 2016 8:39 am | Published by | No comment

Sangatta. Menindaklanjuti instruksi Presiden RI Joko Widodo, yang meminta seluruh kepala daerah, Panglima TNI dan Kapolri, hingga ke jajaran terendah di daerah untuk melakukan antisipasi dan penanganan bencana asap dan kebakaran hutan yang melanda Indonesia, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujiastono bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin, Minggu (31/1) kemarin,melakukan inspeksi dan pengecekan titik api yang berada di wilayah Kaltim khususnya Kutai Kartanegara (Kukar) dan Kutai Timur (Kutim) sesuai pantauan dan deteksi satelit BMKG.

Rombongan yang berangkat sejak pukul 08.00 wita pagi dari bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan dengan menggunakan Helikopter Bell -166 milik TNI AD dengan rute penerbangan Blkppn – Smd- Kenohan – Ma Ancalong – Senyiur – Ma Bengkal – Ma Kaman – Sangatta. Dalam rombongan tersebut turut serta Danrem 091/ASN Brigjen TNI Teguh Arief Indratmoko, Asops Kasdam VI/MLW Kolonel Inf Widiyanto, Aster Kasdam VI/MLW Kolonel Inf Yasin, Karoops Polda Kaltim.Kombes Pol Dedy dan Dandim 0909/SGT Letkol Inf Ibnu Hudaya.

Dandim 0909 Sangatta Letkol Inf Ibnu Hudaya saat dikonfirmasi mengatakan bahwa dari hasil pemantauan udara oleh Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Benny Indra Pujiastono bersama Kapolda Kaltim Irjen Pol Safaruddin ada satu titik api besar di wilayah Kecamatan Muara Ancalong Kabupaten Kutai Timur. Titik api ini berada di area hutan lindung dan hanya bisa terakses melalui udara dan sungai. Hal ini cukup memberatkan jika dilakukan proses pemadaman. Sementara juga terpantau beberapa titik api kecil yang tersebar dan cukup banyak di wilayah sekitar kutai timur.

Lanjut Ibnu, Panglima TNI berharap harus adanya langkah-langkah yang diambil dalam rangka mengantisipasi jgn sampai bencana kabut asap terjadi seperti tahun kemaren yang menyebabkan adanya teguran internasional dan berimbas menurunnya perekonomian indonesia. Panglima juga meminta penanganan dan pencegahan kebakaran tidak hanya dilakukan oleh TNI dan Polri saja tetapi perlunya dukungan dan kesadaran yang besar dari masyarakat dan pihak perusahaan khususnya Perkebunan untuk melakukan pencegahan dan pemadaman kebakaran lahan yang berada dekat wilayah mereka. Tanpa adanya kesadaran dan dukungan tersebut, mustahil bencana kabut asap dan kebakaran hutan dapat dikurangi. Terlebih jika hanya berharap pada TNI dan Polri yang memiliki keterbatasan tenaga dan.peralatan, mengingat banyaknya titik api berada di wilayah yang sulit dijangkau melalui jalur darat. Voice Usai melakukan pengecekan wilayah dan transit di bandara Tanjung Bara Sangatta, pada pukul 14.30 Wita, rombongan kemudian take off dengan menggunakan Pesawat Sky Track P.4203 milik Polisi Udara dari Bandara Tanjung Bara KPC Kaltim Sangatta menuju Bandara Balikpapan Sepinggan Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments