Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » SKPD Dilarang Keluar Kota Selama Pemeriksaan BPK

SKPD Dilarang Keluar Kota Selama Pemeriksaan BPK

(968 Views) Januari 27, 2016 1:11 am | Published by | No comment

Sangatta. Pemerintah Kutai Timur kali ini tak mau bermain-main dengan laporan keuangan Pemkab Kutim Tahun 2015. Dalam pertemuan pendahuluan pemeriksaan oleh BPK RI perwakilan Kaltim yang digelar Pemkab Kutim, Selasa (26/1) pagi, di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim.

Plt Sekda Kutai Timur Yulianti, saat membuka kegiatan mengatakan bahwa Pemkab Kutim akan memberikan apa saja bahan materi terkait pemeriksaan keuangan yang diminta BPK terlebih sistem accrual basic sangat diperlukan SKPD Kutim. Terlebih target laporan keuangan TA 2015 adalah wajar tanpa pengecualian (WTP).

Ditambahkan Yuli, dulu jika disclaimer maka permasalahnya kemudian dibebankan kepada bagian keuangan. Padahal SKPD juga harus bertanggung jawab. Karena merupakan satu kesatuan dan laporan keuangan ini adalah laporan keuangan tim yakni Kutai Timur. Sehingga SKPD tidak boleh main-main. Bahkan Yuli meminta agar selama dilakukannya pemeriksaan, SKPD dilarang meninggalkan Sangatta, bahkan dinal luar (DL) ke Samarinda. Kecuali ada sesuatu yang sangat mendesak dan penting. Sementara itu, ketua tim pemeriksa BPK RI perwakilan Kaltim, Prabowo Farid mengatakan bahwa tim pemeriksa yang beranggotakan lima orang, kali ini akan melakukan pemeriksaan selama 30 hari ke depan sejak besok.

Sedangkan tujuannya, untuk melakukan pemutakhiran pemahaman entitas, SPI dan resiko sebagai dasar dalam merancang strategi dan cakupan pemeriksaan pada pemeriksaan terinci. Kedua, menguji kewajaran penyajian saldo awal neraca per 1 januari 2015 sebagai dampak penerapan pertama kali SAP berbasis aktual tahun 2015. Serta, ketiga, melakukan pengujian pengendalian dan substantif terbatas atas beberapa akun yang terdampak oleh perubahan basis akutansi dari CTA menjadi aktual.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments