Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Banyak Bangunan Tak Miliki IMB, DPMPTSP Kutim Wacanakan Pemutihan IMB

Banyak Bangunan Tak Miliki IMB, DPMPTSP Kutim Wacanakan Pemutihan IMB

(12364 Views) Mei 9, 2017 9:17 am | Published by | 330 Comments


Sangatta – Banyaknya bangunan di wilayah Kutai Timur yang diyakini tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) membuat Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kutai Timur, mewacanakan program pemutihan IMB bagi masyarakat.

Kepala DPMPTSP Kutim, Darmawansyah didampingi Kabid Pelayanan Perizinan, Saiful Ahmad mengungkapkan saat ini Pemerintah Kutim melalui DPMPTSP Kutim mewacanakan pemutihan IMB masyarakat yang ada di wilayah Kutim. Pemutihan IMB ini adalah melakukan proses penertiban terhadap bangunan-bangunan milik masyarakat yang selama ini tidak memiliki IMB, dan kemudian diwajibkan memiliki IMB.

Lanjutnya, karena merupakan program terpadu yang tentunya melibatkan banyak instansi teknis, seperti Dinas PU, Dinas Pertanahan dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman, Satpol PP, dan termasuk DPMPTSP Kutim sebagai leading instansi dalam melakukan pelayanan. Kini semua instansi teknis tersebut sedang menyamakan persepsi termasuk mematangkan konsep regulasi dan teknis pelaksanaan di lapangan. Namun nantinya, langkah awal yang akan tim terpadu laksanakan adalah melakukan sosialisasi di tingkat Kecamatan dan Desa, agar saat program pemutihan IMB ini berjalan maka warga telah siap. Terutama siap dalam berkas-berkas persyaratan IMB. Selain itu, nantinya pemberian IMB hanya diberikan kepada bangunan yang memang memenuhi persyaratan diberikan IMB. Jika nantinya di lapangan ada bangunan yang tidak memenuhi persyaratan ketentuan IMB, maka tim terpadu tidak akan merekomendasikan bangunan tersebut diberikan IMB.

Lebih jauh, Saiful mengatakan IMB merupakan salah satu persyaratan penting bagi masyarakat yang ingin mengagunkan bangunannya sebagai jaminan pinjaman kredit. Karenanya, melalui program pemutihan IMB ini masyarakat akan memiliki kepastian hukum terhadap bangunan, baik rumah atau tempat usaha milik mereka.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

330 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x