Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dinkes Kutim Siapkan Mobil Tanki/ Penuhi Kebutuhan Air Bersih RS Pratama Sangkulirang

Dinkes Kutim Siapkan Mobil Tanki/ Penuhi Kebutuhan Air Bersih RS Pratama Sangkulirang

(1049 Views) Maret 20, 2016 11:29 am | Published by | No comment

Sangatta. Walaupun Pemerintah Kutim menargetkan agar Rumah Sakit (RS) Pratama Sangkulirang di Kecamatan Sangkulirang Kabupaten Kutai Timur harus bisa dioperasikan pada awal September mendatang, namun ternyata beberapa fasilitas penunjang operasional Rumah Sakit ini belum terpenuhi. Baik itu kelengkapan alat kesehatan (Alkes), tenaga medis hingga ketersediaan air bersih.

Diakui Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Timur dr Aisyah, RS Ptarama Sangkulirang masih memiliki keterbatasan khususnya dalam kelengkapan fasilitas alat kesehatan. Sehingga dalam pengoperasionalan RS Pratama Sangkulirang nantinya hanya akan difokuskan pada pelayanan Instalasi Gawat Darurat (IDG) dan sebagian rawat inap. Sementara fasilitas ruang operasi dan lainnya belum difungsikan. Untuk memenuhi kekurangan yang ada, pihaknya sudah mengajukan usulan bantuan pengadaan Alkes melalui APBD I dan beberapa fasilitas kelengkapan rumah sakit lainnya kepada Bagian Perlengkapan Setkab Kutai Timur.

Sementara itu terkait ketersediaan listrik, kini RS Pratama Sangkulirang sudah memiliki mesin genset dengan kapasitas cukup besar. Hanya yang menjadi masalah yakni belum tersedianya air bersih. Memang saat ini sudah ada penampungan dan pengelolaan air bersih yang telah disiapkan, namun ternyata fasilias ini tidak dilengkapi dengan ketersediaan air bersih. Pihaknya akan segera menyediakan fasilitas mobil tanki melalui pengadaan bagian Pelengkapan Setkab Kutim untuk mengangkut kebutuhan air bersih Rumah Sakit. Hal ini karena jika ingin mengambil air bersih harus mengambil ke Kecamatan Kaliorang. Sementara ada pula sumber air di hulu Sangkulirang namun kualitas airnya kurang bagus.

(Voice : Kadinkes Aisyah – Lengkapi Fasilitas RS Pratama Sangkulirang)

Lebih jauh dr Aisyah mengatakan, untuk kebutuhan tenaga medis dan administrasi di RS Pratama Sangkulirang, saat ini sudah ada seleksi dan pengrekrutan tenaga medis. Mulai dokter, perawat, bidan hingga tenaga administrasi yang berjumlah 40 orang akan dikerjakan di RS Pratama Sangkulirang tersebut.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments