Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » PDAM Kutim Akan Lakukan Penyesuaian Tarif Air Bersih

PDAM Kutim Akan Lakukan Penyesuaian Tarif Air Bersih

(11211 Views) Januari 26, 2017 5:36 pm | Published by | 215 Comments

aji ft

Sangatta –  PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur, akan melakukan perhitungan terhadap tarif air bersih yang dijual selama ini. Atau dengan kata lain, PDAM Kutim berencana segera akan melakukan kenaikan tarif jual air bersih diakibatkan harga jual rata-rata lebih rendah dari harga pokok produksi PDAM. Demikian diungkapkan Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutim, Aji Mirni Mawarni kepada awak media saat menggelar jumpa pers di kantor PDAM Kutim, pagi ini.

Dikatakan, dalam perhitungan ulang nilai tarif PDAM Kutim menggandeng Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan(BPKP) Kaltim. Dari hasil audit kinerja tahun 2015, diketahui bahwa tarif rata-rata yang diberlakukan PDAM Kutim sebesar Rp 5.103,98 per meter kubik (M3 ). Sementara harga pokok produksi yang dikeluarkan PDAM Kutim sebesar Rp 9. 434 per meter kubik. Sehingga terjadi selisih atau minus lebih dari Rp 4 ribu perM3.

Lanjut Mawar, selama 5 (Lima) tahun terakhir PDAM Kutim belum pernah melakukan kenaikan tarif jual air bersih. Pada tahun 2012 silam, besaran tarif jual air bersih yang diterapkan PDAM Kutim sebesar Rp 1.925 perM3 untuk tarif rendah, sementara untuk tarif dasar dikenakan Rp 3.850 perM3. Hal ini karena pembiayaan yang belum full dilakukan oleh PDAM Kutim sendiri atau masih terus menerima subsidi dari Pemerintah Kutim terutama dalam pembelian bahan bakar solar untuk keperluan produksi. Selain itu, setiap tahunnya selalu ada kenaikan bahan baku, seperti bahan kimia, bahan material berupa pipa dan beberapa bahan sambungan ke rumah pelanggan. Ditambah lagi biaya pemeliharaan jaringan, pompa dan genset, yang rata-rata tiap tahunnya naik sebesar 5,48 persen. Jika PDAM Kutim tidak melakukan penyesuaian tarif jual air bersih, maka akan berdampak pada terganggunya kinerja keuangan yang tentu akan berimbas pada kelancaran pelayanan air bersih kepada masyarakat khususnya pelanggan PDAM Kutim.

(Voice : PDAM Mawar – Kenaikan Tarif)

Lebih jauh dikatakan, dalam perhitungan besaran tarif air bersih yang rencananya akan mulai diberlakukan pada bulan Juli mendatang untuk Kelompok 1 yang terdiri dari golongan sosial umum, rumah ibadah, golongan sosial khusus, rumah tangga sangat sederhana (RSS) dan instansi pemerintah, akan dikenakan tarif rendah sebesar Rp 6.300 perM3 untuk konsumsi air hingga 10 M3 , Sedangkan untuk pemakaian diatas 10 M3 akan dikenakan tarif dasar sebesar Rp 7.000 perM3.

Sementara untuk kelompok 2 yang merupakan rumah tangga tidak termasuk kualifikasi RSS dan rumah mewah, kelompok niaga kecil dan industri kecil, akan dikenakan tarif dasar sebesar Rp 7.000 perM3 dan jika pemakaian lebih dari 10 M3 akan dikenakan tarif Rp 11.900 perM3. Usulan kenaikan tarif ini menunggu persetujuan dari Bupati Kutim dan akan disosialisasikan kepada masyarakat, khususnya pelanggan PDAM Kutim, Pemerintah dan DPRD Kutim.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

215 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments