Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Pemekaran Kabupaten Kutai Utara Tunggu Ketuk Palu Pemerintah Pusat

Pemekaran Kabupaten Kutai Utara Tunggu Ketuk Palu Pemerintah Pusat

(1488 Views) Oktober 16, 2016 12:18 pm | Published by | 4 Comments

Sangatta. Segala upaya dan dukungan penuh telah diberikan pemerintah Kutai Timur (Kutim), agar Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Kutai Utara benar-benar bisa terbentuk. Tak hanya sekedar memperjuangkan, bahkan pemerintah Kutim siap membagi APBD Kutim yang ada sebagai anggaran persiapan jika Kabupaten Kutai Utara tersebut terbentuk.

Wakil Bupati (Wabup) Kutai Timur, Kasmidi Bulang mengatakan bahwa pemerintah Kutim sangat serius mempersiapkan pembetukan Kabupaten Kutai Utara. Hal ini merupakan bentuk dukungan penuh Kutim sebagai kabupaten induk, mengingat selain berdasarkan sejarah dan layak untuk dimekarkan dari segi jumlah penduduk dan potensi alam, pemekaran Kabupaten Kutai Utara saat ini benar-benar merupakan kebutuhan masyarakat. Walaupun ada moratorium dari pemerintah pusat, namun pemerintah Kutim tetap akan berupaya dan berjuang agar Kutai Utara tetap terbentuk, sepanjang hal itu nantinya diperbolehkan atau pendapat restu pemerintah pusat.

Lanjut Kasmidi, saat ini baik pemerintah daerah Kutim maupun pemerintah Provinsi Kaltim sudah tidak ada permasalahan terkait pemekaran Kabupaten Kutai Utara. Bahkan Bupati Kutim sebagai kepala daerah, langsung turun tangan mengurus pemekaran kabupaten Kutai Utara ini di pusat. Terkait pendanaan selama Kabupaten Kutai Utara nantinya menjadi daerah persiapan yang harus diambil dari APBD Kutim selama tiga tahun berturut-turut, bukan menjadi masalah. Bahkan jika harus menyediakan anggaran Rp 300 miliar per tahunnya selama 3 tahun berturut-turut, Wabup Kasmidi menganggap menjadi masalah. Selama hal tersebut sesuai aturan yang ada. Sehingga saat ini kunci pemekaran Kabupaten Kutai Utara tinggal menunggu ketuk palu dari pemerintah Pusat saja.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

4 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments