Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Target Tak Terpenuhi, Swasembada Sapi 2021 Bakal Molor

Target Tak Terpenuhi, Swasembada Sapi 2021 Bakal Molor

(4053 Views) Februari 2, 2016 9:41 am | Published by | 38 Comments

Sangatta. Dengan tidak terlaksanakanya realisasi sapi pada tahun 2015 lalu, kemungkinan target swasembada sapi dan daging Kutai Timur pada tahun 2021 bakalan mundur setahun. Pasalnya pada tahun 2015 ada target distribusi dapi brahman cros sebanyak 1.650 ekor namun hanya bisa terealisasi sebanyak 15 ekor, melalui APBD I. Sementara melalui APBD II hanya bisa dilakukan sebanyak 90 ekor. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kutai Timur Syarifudin Ginting didampingi Kabid Peternakan Diah Ratna Ningrum.

Kepada awak media, Ginting mengatakan bahwa total populasi sapi di Kutim yang ada saat ini berjumlah lebih dari 15.000 ekor. Sementara kebutuhan daging di Kutim setiap harinya sebanyak 10 ekor per hari. Sedangkan kemampuan rumah potong hewan (RPH) Kutim saat ini hanya 6 ekor perhari, dan disokong suplai daging sapi dari Muara Wahau, Kongbeng dan Kaliorang.

Lanjut Ginting, target swasembada sapi pada 2021  nanti adalah adanya populasi 25.000 ekor sapi di Kutim. Sementara hingga saat ini pemerintah Kutim tengah mengejar kekurangannnya sebanyak 10.000 ekor hingga di tahun 2021. Jika hingga tahun 2017 nanti target sebaran sapi brahman cros ini tidak bisa dilakukan maka kemungkinan Pemerintah Kutim akan mengalihkannya dengan mendatangkan sapi bali. Namun pihaknya tetap optimis, target sapi brahman cros ini dapat dipenuhi pemerintah pusat sesuai janji Pemerintah Pusat yang akan mendatangkan sapi brahman cros paling lambat melalui APBN Perubahan pada tahun ini.

(voice)

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

38 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments