Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Water Treatmean Bocor, PDAM Sangatta Kurangi Kapasitas Suplai Air Bersih

Water Treatmean Bocor, PDAM Sangatta Kurangi Kapasitas Suplai Air Bersih

(1037 Views) April 6, 2016 8:43 am | Published by | No comment

Sangatta. Akibat adanya perbaikan water treatmeant process (WTP) di IPA Kabo, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Tuah Benua Sangatta, terpaksa menurunkan kapasitas suplai air bersih ke rumah-rumah pelanggan PDAM khususnya di Kota Sangatta. Dari suplai normal 280 liter per detik kini akibat adanya perbaikan tersebut menjadi 220 liter per detik. Pengurangan suplai air bersih ini dimulai sejak Senin (4/4) lalu hingga Sabtu (9/4) nanti. Demikian disampaikan Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Sangatta Aji Mirni Mawarni.

Saat dihubungi awak media, Mawar menjelaskan bahwa akibat adanya kebocoran WTP IPA Kabo pihaknya terpaksa mengurangi kapasitas suplai air bersih ke rumah-rumah pelanggan menjadi 220 liter per detik. Kebocoran ini diakibatkan kropos bagian bawah WTP, sehingga harus ditambal dengan menggunakan fiber. Terlebih WTP dengan kapasitas 150 liter per detik in memang merupakan salah satu dari Instalasi lama di IPA Kabo. Sementara proses penambalan harus mengeringkan WTP tersebut.

Disebutkan, IPA Kabo beroperasi dari pukul 06.00 sampai dengan pukul 24.00 wita dengan debit 220 liter per detik. Dan pukul 00.00 sampai dengan pukul 06.00 wita dengan debid air 150 liter per detik. Hal ini selain diakibatkan bocornya WTP juga diakibatkan rusaknya mesin genset dengan daya 500 KVA, dan akan segera dilakukan perbaikan.

(Voice : PDAM Mawar – Pengurangan Suplai Air PDAM)

Sementara itu, terkait kondisi kekeringan berkepanjangan yang melanda Kabupaten Kutai Timur dan memberikan imbas terparah di Kecamatan Teluk Pandan, Mawar menyebutkan saat ini pihaknya terpaksa menghentikan bantuan suplai air bersih kepada warga Kecamatan Teluk Pandan, sejak Selasa (5/4) kemarin. Suplai air menggunakan mobil unit pemdam kebakaran (Damkar) berkapasitas 5000 liter ini biasanya menyuplai masyarakat Teluk Pandan setiap 2 hari sekali dengan jumlah suplai air yang disediakan 10.000 liter air bersih yang diambil dari Kota Bontang.

Namun menurut Mawar jumlah ini sangat terbatas dan terlebih yang memanfaatkan air tersebut bukan hanya warga Teluk Pandan yang menjadi pelanggan PDAM Tirta Tuah Benua. Sehingga besar harapannya, adanya kepedulian dari pemerintah Kecamatan Teluk Pandan dan pihak perusahaan yang ada di sekitar Kecamatan Teluk Pandan, untuk bisa membantu menyuplai kebutuhan air bersih kepada warga.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments