Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Jamaah Haji Kutim, Bayar Dam Sebanyak 123 Kambing dan 42 Kambing Untuk Kurban di Tanah Suci

Jamaah Haji Kutim, Bayar Dam Sebanyak 123 Kambing dan 42 Kambing Untuk Kurban di Tanah Suci

(598 Views) September 19, 2016 10:16 am | Published by | No comment

Sangatta – Jamaah haji Kutim hari ini senin (19/916) melaksanakan pembayaran Dam (denda) di Tanah Suci, dengan cara pemotongan satu ekor kambing bagi Jamaah Haji yang mengambil Haji Tamattu’ (mendahulukan umrah dari ibadah haji) masing-masing dengan satu ekor kambing sebanyak 123 ekor kambing. Pemotongan tersebut, dibagi dalam tiga hari berturut-turut mulai hari sabtu, minggu dan Senin. Hal tersebut diungkapkan Kepala Bagian Humas Kutim, Mucthar langsung dari Arab Saudi kepada RPD Kutim melaui via telepon seluler.

Mucthar mengungkapkan, selain melaksanakan pemotongan kambing untuk Dam (denda) beberapa jamaah Kutim  juga melaksanakan korban, yakni dengan menyembelih 42 ekor kambing, yang dilaksanakan pada tanggal 12 Dzulhijjah 1437 Hijriah. Daging Dam tersebut diserahkan kepada pengelola Rumah Potong Hewan, untuk disalurkan sesuai dengan peruntukannya.

Voice Kabag Humas Kutim_Mucthar

Lebih lanjut, Mucthar menjelaskan bahwa proses penyembelihan hewan kurban di Arab Saudi, sangat jauh berbeda dengan pemotongan hewan kurban yang biasa dilaksanakan di Indonesia. Proses penyembelihan terhadap puluhan hewan tersebut tidak memakan waktu yang lama, Karena kambing yang akan disembelih, dari tempat penjualan kambing, digiring masuk ke lokasi pemotongan hewan, tanpa diikat. Proses penyembelihannya pun tidak terlalu ruwet, petugas yang menyembelih hewan hanya dua orang saja, yang seorang memegang tali dan yang satu melakukan penyembelihan

Lebih jauh, dirinya berharap bagi Jamaah haji Kutim yang telah melaksanakan pembayaran Dam untuk penyelenggaraan haji Tamattu itu, mendapatkan ridho dari Allah Subhanahu Wataala dan menjadi Haji Mabrur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments