Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 12.000 C6 Tidak Tersalurkan Ke Warga Sangatta Utara

12.000 C6 Tidak Tersalurkan Ke Warga Sangatta Utara

(454 Views) Desember 10, 2015 6:05 am | Published by | No comment

Sangatta – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) merupakan salah satu lembaga yang mempunyai tugas mengawasi persiapan penyelenggaraan Pemilu, mengawasi tahapan penyelenggaraan Pemilu, mengawasi pelaksanaan Putusan Pengadilan, mengelola, memelihara, dan marawat arsip/dokumen, memantau atas pelaksanaan tindak lanjut penanganan pelanggaran pidana Pemilu, mengawasi atas pelaksanaan putusan pelanggaran Pemilu, evaluasi pengawasan Pemilu, menyusun laporan hasil pengawasan penyelenggaraan Pemilu serta melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan.

Ketua Panwaslu Kabupaten Kutai Timur Nirmalasari Idha Wijaya menjelaskan teknis mekanisme pengawasan yang dilaksankan pada Pilkada serentak 9 Desember 2015 di  Kabupaten Kutai Timur sendiri, bahwa Pengawas yang ditempatkan di seiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) melakukan pengawasan mulai dari distribusi logistik, pendistribusian logistik, pembagian formulir c6, pendirian TPS, pelaksanaan pemungutan suara sampai penghitungan suara, pengawas TPS selalu bersama-sama dengan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan setiap ada laporan ke Kabupaten maka pihak Panwaslu Kabupaten akan segera melakukan kroscek ke pengawas Kecamtan.

Nirmalasari mengungkapkan dari pantauan yang dilakukan Panwaslu Kabupaten Kutai Timur bersama Tim Asistensi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Kalimantan Timur Jabarudin rabu kemarin (9/12/15) pada setiap TPS ditemukan bahwa banyak yang belum terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT), tetapi banyak juga surat suaranya yang tidak dibagikan ke pemilih karena memang tidak ada orangnya. Dalam hitungan Panwaslu sendiri ada sekitar 12.000an formulir C6 yang tidak dibagikan untuk wilayah Sangatta Utara belum termasuk Kecamatan lainnya. Hal tersebut katakan Nirmalasari saat ditemui media RPD Kutim usai melakukan pengawasan disetiap TPS yang ada di Sangatta pada pelaksanaan PILKADA serentak rabu kemarin (9/12/15) di Sekretariat Panwaslu Jalan Karya Etam.

 Voice

Sementara itu perwakilan dari Tim Asistensi Bawaslu Provinsi Kaltim Jabarudin, mengatakan bahwa dari pantauan yang telah dilakukan bersama dengan Panwaslu Kutim ditemukan banyak pelanggaran administrasi, ada yang daftar pemilih tidak diumumkan, daftar hadir tidak diisi. Namun selanjutnya dikatakan panwaslu sudah merekomendasikan untuk diumumkan, dan formulir c7 juga harus dituliskan.

Voice

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments