Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 15 Persen Penduduk Kutim Masih Miskin/ Bupati Minta Validasi Ulang Data Penduduk Miskin

15 Persen Penduduk Kutim Masih Miskin/ Bupati Minta Validasi Ulang Data Penduduk Miskin

(3831 Views) Maret 28, 2016 9:06 am | Published by | 128 Comments

Sangatta. Sebagai daerah kaya dengan luasnya perkebunan sawit dan menyebarnya perusahaan perkebunan Kelapa Sawit di Kutai Timur (Kutim), ternyata angka kemiskinan di Kutim masih cukup tinggi. Pasalnya dari data Badan Pusat Statistik (BPS) Kutai Timur tahun 2015, jumlah penduduk miskin di Kabupaten Kutai Timur masih berada angka 62.450 jiwa atau sekitar 15 persen dengan jumlah penduduk Kutim sebanyak 413.508 jiwa. Tingginya angka penduduk miskin Kutim ini terungkap dalam paparan Assisten Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Kutai Timur Mugeni, saat mengikuti kegiatan Cofee Morning yang dipimpin langsung Bupati Kutim Ismunandar dan dihadiri seluruh Kepala SKPD Pemkab Kutim dan Camat se-Kutai Timur bertempat di ruang Meranti Kantor Bupati Kutim, pagi tadi.

Menanggapi tingginya data penduduk miskin Kutai Timur ini, Bupati Kutai Timur Ismunandar meminta adanya validasi dan pendataan ulang terhadap angka miskin di Kutim tersebut. Menurutnya angka tersebut terlalu besar jumlahnya dan sangat tidak masuk akal. Terlebih indikator kemiskinan yang digunakan juga belum jelas. Sehingga dirinya meminta kepada Seluruh Camat untuk melakukan croscheck di lapangan dengan melakukan validasi by name by addres. Terlebih validasi data ini juga merupakan salah satu bahan penting dalam pelaksaan program kerja 2017 mendatang.

(Voice : Bupati Ismunandar – Angka Miskin Kutim)

Sementara itu, Camat Muara Wahau Yuriansyah T, mengaku cukup terkejut dengan sodoran angka kemiskinan yang dipaparkan Assisten Kesra Kutim. Pasalnya, dari paparan data miskin BPS tersebut, angka masyarakat miskin di wilayahnya berada di atas 5000 penduduk. Padahal sesuai arahan Bupati Kutim untuk melakukan pendataan by name by addres terhadap jumlah penduduk miskin di Kecamatan Muara Wahau, dari 10 desa yang ada di Kecamatan Muara Wahau hanya terdata sebanyak 626 orang yang dianggap miskin. Indikator atau kriteria yang digunakan pada pendataan penduduk miskin oleh kepala desanya adalah penduduk yang tidak memiliki penghasilan tetap per bulannya.

(Voice : Camat Wahau Yuriansyah T – Angka Penduduk Miskin Muara Wahau)

Lebih jauh Yuri mengaku bingung antara ketidaksesuaian data penduduk miskin yang dimiliki BPS Kutim dengan validasi pihak kecamatan. Namun dirinya tetap berharap kedepan tetap adanya sinkronisasi oleh BPS termasuk kejelasan indikator atau kriteria miskin sesuai penilaian BPS.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

128 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments