Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 17 Tahun Terbentuk, Kutim Baru selesaikan 40 % Penataan Tapal Batas

17 Tahun Terbentuk, Kutim Baru selesaikan 40 % Penataan Tapal Batas

(841 Views) Juli 18, 2017 4:32 pm | Published by | 19 Comments

Sangatta– Penataan tapal batas merupakan salah satu masalah yang di hadapi Kabupaten Kutai Timur hingga berusia tujuh belas tahun, sampai dengan saat ini permasalah tapal batas baru terselesaikan empat puluh persen dari keseluruhan desa dan kecamatan yang ada. Berbagai upaya dilakukan Pemerintah dalam penyelesaian permasalahan tersebut termasuk dengan menggelar rapat koordinasi Penataan Batas Desa dan Kecamatan Di Kabupaten Kutai Timur yang dilangsungkan di Ruang Meranti Kantor Bupati Kabupaten Kutai Timur, Selasa, 18 Juli. Seluruh kepala desa dan Camat diminta hadir dalam rapat tersebut.

Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang yang memimpin rapat tersebut mengatakan, sebelumnya telah dikumpulkan para pemilik lahan dan sekarang yang dikumpulkan para kepala desa dan camat untuk menginfetarisasi permasalahan batas di desa, nantinya hasil tersebut akan dilakukan rapat lanjutan perzona. Target penyelesaian tapal batas akan diselesaikan pada 2021 mendatang. Penyelesaian akan dilakukan secara bertahap.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, untuk tapal batas yang belum terselesaikan karena adanya tumpang tindih atau sengketa lahan, maka masyarakat yang bersengketa akan dikumpulkan dan akan diselesaikan secara bersama.

Sedangkan menurut Asisten Pemerintahan Umum dan Kesejahteraan Rakyat, Mugeni mengatakan data terakhir Kutai Timur baru menyelesaikan empat puluh persen persoalan tapal batas yakni diantaranya, segmen batas desa yang selesai delapan puluh satu segmen atau empat puluh empat persen, yang belum selesai seratus dua segmen atau lima puluh enam persen. Batas kecamatan yang baru selesai enam segmen atau delapan belas persen sedangkan yang belum selesai dua puluh tujuh segmen atau delapan puluh dua persen.

Penyelesaian penetapan tapal batas dipengaruhi Keterbatasannya anggaran, sumberdaya aparatur, fasilitas pendukung, perubahan kondisi geografis dan sosial ekonomi.

Voice : Khusnul Khotimah

 

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

19 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments