Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Dinas Pertanian Kutim Bentuk Tim Pemeriksa Hewan Kurban

Dinas Pertanian Kutim Bentuk Tim Pemeriksa Hewan Kurban

(548 Views) Agustus 21, 2017 4:38 pm | Published by | 1 Comment

Sangatta – Mendekati hari Raya Qurban, Dinas Pertanian Kabupaten KutaI Timur membentuk Tim yang bertugas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban. Tim tersebut mulai melakukan pengecekan pada Senin, 20 Agustus dengan wilayah kerja kota Sangatta Kecamatan Sangatta Utara dan Selatan sedangkan untuk kecamatan lainnya pengecekan akan lakukan oleh para penyuluh di kecamatan masing-masing.
Pengecekan yang dilakukan yakni anti mortem yakni pengecekan untuk meihat kondisi fisik luar hewan kurban. Apakah ada luka, cacat dan beberapa kondisi fisik lainnya yang memperlihatkan apakah hewan tersebut sehat atau terindikasi mengidap penyakit.
Menurutya Kepala Dinas Pertanian Kutai Timur, Oesman, nantinya hewan qurban yang sudah dilakukan pengecekan dan mendapatkan hasil layak dan sehat akan diberikan label dan juga surat layak. Sedangkan untuk stok hewan qurban jika mengacu pada tahun lalu maka dirasa mencukupi. Untuk stok tahuan ini empat ratus ekor Sapi dan lima ratus ekor kambing.
Untuk stok hewan qurban sebagaian besar merupakan hewan yang didatangkan dari luar Kutai Timur yakni Jawa dan Sulawesi sedangkan untuk stok local sendiri hanya berkisar sepuluh persen dari jumlah yang ada.

Voice : Reporter / Khusnul Khotimah

Voice : Oesman ( kepala Dinas Pertanian Kutim )

Pembentukan tim pemeriksa merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan Dinas Pertanian jelang Idul Adha, hal tersebut dimaksudkan agar masyarakat yang membeli dan berqurban mendapatkan hewan qurban yang sehat dan layak.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

1 Comment
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments