Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » Puncak Peringatan HUT TNI AL Ke 72 Tahun, Lanal Sangatta Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi TNI Ke 72 Tahun, Di Mako Lanal Sangatta

Puncak Peringatan HUT TNI AL Ke 72 Tahun, Lanal Sangatta Gelar Upacara Peringatan Hari Jadi TNI Ke 72 Tahun, Di Mako Lanal Sangatta

(961 Views) September 11, 2017 11:18 am | Published by | No comment

Sangatta – Upacara Peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut Ke-72, tanggal 10 September 2017, Senin (11/9/17) pukul 07.30 Wita bertempat di Lapangan Apel Mako Lanal Sangatta. HUT TNI AL Tahun ini mengangkat tema “ Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri dan Berkepribadiaan.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Letkol Laut (P) Mulyan Budiarta, SE., Komandan Upacara Kapten Laut (P) Tunggal Adya D, Perwira Upacara Lettu Laut (P) M.Dabukke, Pengucap Sapta Marga Serda Ttu Fahrul Rujito.

Adapun pasukan upacara terdiri dari, 1 Pleton Lanal Sangatta, 1 Pleton Kodim 0909/Sangatta, 1 pleton Polres Kutim, 1 Pleton Bintara Tamtama Lanal Sangatta, 1 Pleton Satpol PP, 1 Pleton Dinas Perhubungan, 1 Pleton Pramuka, 1 Pleton Sakabahari dan 1 Pleton SMK Negeri 2 Sangatta.

Turut  hadir dalam Upacara tersebut, Bupati Kutai Timur, Ir.H.Isamunandar MT, Kapolres Kutim, AKBP Rino Eko, Kepala Kejaksaan Negeri Kutim Mulyadi, Ketua Pangadilan Negeri Sangatta Tornado Edmawan, Kasdim/0909 Sangatta Syawaluddin, Kepala SKPD Serta Pimpinan Perbankan, dan Managemant PT.KPC.

Dalam Sambutan Kepala Staf Angkatan Laut Ade Supandi, SE,M.A.P Laksamana TNI yang dibacakan Danlanal Sangatta Let Laut (P) Mulyan Budiarta, bahwa Upacara Peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut memiliki tiga makna penting yang harus dipahami.

Pertama, makna Keimanan dan Ketaqwaan sebagai ungkapan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala petunjuk, tuntunan dan perlindungan-Nya selama 72 tahun masa pengabdian TNI Angkatan Laut.

Kedua, makna Historis, sebagai upaya pelestarian momentum awal kelahiran dan kemerdekaan serta menegakkan integritas, kedaulatan bangsa dan negara.

Ketiga, Makna Evaluatif, sebagai momentum intropeksi dan evaluasi diri, tentang kekurangan dan kelebihan pelaksana tugas di masa lalu, guna pemantapan dan penyempurnaan di masa mendatang.

Disamping itu, ada beberapa penekanan sebagai pengantar tugas TNI AL untuk dipedomani bersama. Pertama, tingkatkan terus kualitas diri sebagai prajurit TNI AL yang bermoral, profesional dan berani serta pedomani dan hormati hukum, nilai-nlai demokrasi serta Hak Asasi Manusia dalam setiap pelaksanaan tugas.

Kedua, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggunga jawab disertai kerelaan berkorban demi terjaganya keselamatan serta keutuhan Bangsa dan Negara.

Tiga, Pelihara segenap alutsista persenjataan dan peralatan yang dipercayakan negara dengan sebaik-baiknya, agar dapat mendukung keberhasilan setiap pelaksanaan tugas seacra optimal.

Keempat, mantapkan kekompakan antar komponen TNI, agar dapat terjalin koordinasi dan kerjasama yang harmonis antara TNI AL dengan Satuan TNI lainnya, sebagai refleksi dari tampilan TNI yang kokoh dan Solid serta mantapkan kemanunggalan TNI dengan rakyat.

Lima, tingkatkan kewaspadaan dan antisipatif terhadap perkembangan situasi yang cepat berubah, agar kita dapat bertindak proaktif dalam mengatasi setiap permasalahan yang merugikan masyarakat, bangsa dan negara.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments