Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 2 Kecamatan Jadi Pilot Project Singkong Gajah

2 Kecamatan Jadi Pilot Project Singkong Gajah

(1118 Views) Juli 19, 2017 4:05 pm | Published by | 15 Comments

Sangatta – Dua kecamatan di Kabupaten Kutai Timur Rantau Pulung dan Batu Ampar menjadi pilot project Singkong Gajah. Komoditi singkong gajah dipilih lantaran tanaman tersebut memiliki prospektif bagi masyarakat selain itu lahan Kutai Timur juga cocok untuk penanam komoditi tersebut terlebih sudah ada investor yang akan membeli hasil panen singkong gajah.

Singkong gajah di Kutai Timur yang sudah dikembangkan dapat menghasilkan tiga puluh ton per hektar dalam sekali panen, untuk jumlah tersebut petani dapat meraup keuntungan mencapai delapan belas juta rupiah dalam satu kali panen.

Menurut Wakil Bupati Kutai Timur, Kasmidi Bulang ditemui di kantor Bupati Kutai Timur, Rabu, 18 Juli mengatakan, dua kecamatan masuk dalam program pengembangan singkong gajah. Untuk pembeli, Saat ini sudah ada kerja sama dengan salah satu perusahaan besar pengolahan makanan yakni PT. Indofood Sukses Makmur. Untuk itu menurut Kasmidi, jika ada lahan masyarakat yang tidak terpakai, nantinya dapat dikelola pemerintah untuk ditanami singkong gajah ataupun dengan menggunakan sistem tumpang sari antara sawit dan singkong gajah.

Lebih lanjut Kasmidi mengatakan, kedepannya PT. Indofood Sukses Makmur akan membangun pabrik pengolahan singkong gajah di Kutai Timur, sehingga pengembangan singkong gajah menjadi salah satu komoditi yang akan jadi unggulan di Kutai Timur.

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

15 Comments
Most Voted
Newest Oldest
Inline Feedbacks
View all comments