Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 2 Perusahaan Rebutan Ijin Di Kutim , Ombusman Turun Tangan

2 Perusahaan Rebutan Ijin Di Kutim , Ombusman Turun Tangan

(642 Views) Agustus 10, 2017 3:45 pm | Published by | No comment

Sangatta – Demi menyelesaikan persoalan ijin lokasi yang diberikan kepada kedua Perusahaan yakni PT. Anugrah Lahan Kaltim dan PT. Diva Perdana Pesona, Pemerintah Kabupaten Kutai Timur mengadukan permasalahan tersebut ke Ombusman Republik Indonesia. Lembaga pengawas pelayanan publik tersebut turun tangan langsung ke Kutai Timur dan melakukan pengumpulan data untuk penyelesaian persoalan kedua perusahaan tersebut.

Adanya tumpang tindih izin pengelolaan hutan yang dikeluarkan oleh Kementrian Kehutanan (Kemenhut) sebelum kemudian berubah menjadi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemenhut LHK) pada dua perusahaan, Yakni PT Anugerah Lahan Kaltim yang bergerak di bidang perkebunan sawit serta PT Diva Perdana Pesona yang merupakan perusahaan perkayuan Hutan Tanam Industri (HTI) di Desa Karaitan Kecamatan Bengalon. Persoalan tersebut mengakibatkan kedua perusahaan tersebut sama-sama tidak beroperasi.

Menurut Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyak, Mugeni mengatakan, pemerintah daerah telah mengajukan permohonan penyelesaian persoalan perijinan kedua perusahaan tersebut. Menurutnya, sebelumnya pemerintah daerah telah memberikan ijin terhadap PT. Anugrah Lahan Kaltim untuk perijinan perkebunan karena dirasakan lebih memiliki nilai ekonomi terhadap masyarakat, namun dilakukan pembatalan dari Kemenhut LHK dan digantikan dengan PT. Diva Perdana Pesona  Untuk itu dirinya berharap agar ada kepastian hukum terhadap ijin tersebut diberikan kepada perusahaan yang mana.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, jika mendengarkan keinginan masyarakat maka masyarakat lebih memilih lokasi tersebut dikelola oleh PT. Anugrah Lahan Kaltim agar masyarakat sekitar dapat menikmati hasil perkebunan.

Voice : Khusnul Khotimah

Print Friendly, PDF & Email
0 0 votes
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x