Menu Click to open Menus
Home » Uncategorized » 3 Kecamatan di Kutim, Mulai Alami Kelangkaan Garam

3 Kecamatan di Kutim, Mulai Alami Kelangkaan Garam

(1380 Views) Juli 31, 2017 5:06 pm | Published by | No comment

Sangatta – Kelangkaan garam yang saat ini terjadi, mulai meramba ke Kutai Timur. Seperti dilaporkan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Kutai Timur, Edward Azran pada Coffee Morning, Senin (31/7/17), bahwa terjadi kelangkaan garam di tiga Kecamatan, yakni di Kecamatan Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Kecamatan Kaubun.

Edward Azran mengatakan bahwa mulai hari ini harga garam naik, bahkan harga garam sudah lebih dari tiga puluh ribu rupiah per pack, yang berarti 1 bungkus sekitar tiga ribu rupiah.

Insert :

Ditemui awak media usai Coffee Morning, Edward mengungkapkan, melihat kondisi ini, dalam waktu dekat Disperindag dengan Instansi terkait, akan melakukan rapat koordinasi, untuk membaca stok garam yang ada.

Apakah stok garam memang berkurang atau memang ada penimbunan. Dia mengatakan, jika memang tidak ada penimbunan, maka Disperindag akan meminta suplai dari luar. Garam yang akan didatangkan adalah garam impor, dari Australia.

Lebih lanjut Edward mengatakan, ketersediaan garam untuk awal bulan Agustus ini, masih diperkirakan  aman. Asal, garam yang ada di Kalimantan Timur tidak ditimbun. Sehingga diharapkan, bisa dibagikan rata diseluruh Kabupaten/Kota.

Lebih jauh Ia menjelaskan, kelangkaan garam terjadi karena faktor curah hujan yang tinggi, sehinggan jalan rusak dan berlumpur. Inilah yang membuat pasokan garam dan bahan sembako yang lainnya langkah. Karena pasokan masuk ke Kecamatan terhambat, akibat kondisi jalan yang tidak baik.

Untuk mengatasi kelangkaan garam yang terjadi di ketiga Kecamatan tersebut, Dia mengungkapakan, pihaknya akan memasok dari Kukar dan Samarinda, karena daerah tersebut lebih dekat.

Voice report : Reporter Wak Hedir

Print Friendly, PDF & Email
0 0 vote
Article Rating
Categorised in:
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments